Jelang 17 Agustus 2023, Pedagang Bendera Mulai Menjamur di Kota Kendari

Nur Meli, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
Jelang 17 Agustus 2023, Pedagang Bendera Mulai Menjamur di Kota Kendari
Menjelang 17 Agustus 2023, pedagang bendera merah putih, umbul-umbul dan pernak-pernik kemerdekaan Republik Indonesia, mulai ramai di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Meli/Telisik

" Menjelang 17 Agustus 2023, sejumlah pedagang bendera pusaka, umbul-umbul juga aksesoris kemerdekaan Republik Indonesia mulai menjamur di sejumlah titik di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang 17 Agustus 2023, sejumlah pedagang bendera pusaka, umbul-umbul juga aksesoris kemerdekaan Republik Indonesia mulai menjamur di sejumlah titik di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Para pedagang mulai memenuhi sejumlah titik seperti di Jalan Sao-Sao atau di depan Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara, Jalan Z.A Sugianto atau di dekat pintu masuk masjid Al-Alam, juga di sepanjang Jalan Malaka Kecamatan Kambu, Kota Kendari.

Tak hanya itu, pedagang serupa juga terlihat di sekitar kawasan Gedung Balaikota Kendari, dan di beberapa spot yang ada di Jalan Ahmad Yani, juga di kawasan Bundaran Tank Kendari.

Baca Juga: Three Brothers Coffee Kendari jadi Rekomendasi Tongkrongan Nyaman Bersama Rekan

Mereka menawarkan berbagai macam bendera, umbul-umbul dan dekorasi merah-putih untuk menghiasi rumah atau gedung saat perayaan kemerdekaan, ataupun untuk kebutuhan perlombaan di hari perayaan kemerdekaan.

Salah satu penjual, Ridwan (32) mengatakan, permintaan bendera dan umbul-umbul meningkat menjelang peringatan hari kemerdekaan. Menariknya, permintaan tersebut bukan hanya berasal dari Kota Kendari saja, melainkan juga dari luar daerah seperti Morowali dan Kabupaten Konawe Kepulauan.

"Kita cepat turun supaya banyak yang tau kita sudah menjual bendera, karena biasanya bukan hanya dari sini saja yang beli, tapi juga dari luar," ungkapnya, Minggu (23/7/2023).

Di lapaknya, Ridwan menjajakan aneka bendera merah putih, umbul-umbul serta aksesoris kemerdekaan lainnya, seperti pernak-pernik perlombaan di hari perayaan kemerdekaan.

Berkaca dari tahun lalu, ia mengatakan, dagangan yang paling banyak laku adalah bendera merah putih serta aksesoris perlombaan 17 Agustus.

"Banyak laku itu bendera merah putih ukuran kecil yang bisa dipasang di bagian depan atau bagian atas mobil dan bendera-bendera yang dipakai untuk lomba-lomba," tambahnya.

Dari semua dagangannya, Ridwan mematok harga bermacam-macam. Ia membeberkan, untuk bendera merah putih ukuran 90 Cm dipatok dengan harga Rp 30 ribu dan bendera berukuran 120 Cm, naik Rp 10 ribu menjadi Rp 40 ribu.

Pedagang lainnya, Resa Aliya (24) membeberkan, untuk harga umbul-umbul background pada gedung-gedung berada di kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu. Sementara untuk umbul-umbul biasa mematok harga Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu.

Resa juga mengungkapkan, konsumen dagangannya itu lebih banyak didominasi para pejabat kedinasan. Biasanya warga sipil mulai akan ramai berbelanja ketika mendekati 17 Agustus.

Baca Juga: JMSI Sulawesi Tenggara dan AJI Kendari Desak Polisi Tangkap Pelaku Penikaman Jurnalis di Baubau

Salah satu konsumen yang membeli bendera di salah satu lapak di Jalan Malaka, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Nur Hamida (48) mengaku, membeli umbul-umbul untuk dekorasi di depan rumahnya.

"Biasanya jika dekat-dekat 17-an begini, di rumah itu pasang bendera dan umbul-umbul. Di lingkungan rumah juga begitu," ungkapnya pada Telisik.id ketika ditemui saat mencari umbul-umbul di salah satu lapak pedagang.

Ia juga mengatakan, hiasan bendera dan umbul-umbul yang menghiasi setiap ruas jalan menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, dapat memupuk rasa cinta tanah air dan semangat persatuan serta kesatuan di tengah-tengah masyarakat Kota Kendari. (A)

Penulis: Nur Meli

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga