Akibat COVID-19 Pembangunan Bandara Kolaka Utara Molor

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 08 Mei 2020
0 dilihat
Akibat COVID-19 Pembangunan Bandara Kolaka Utara Molor
Dena Bandara Udara Kolaka Utara yang terletak di Desa Kalu-kaluku dan Lemetuna, Kecamatan Kodeoha. Foto: Disperhub Kolaka Utara

" Nanti dalam proses tahapan-tahapan tersebut akan kami pantau. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Akibat COVID-19 Rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara untuk melaksanakan pembangunan Bandar Udara (Bandara) di bulan Mei 2020 terpaksa molor.

Meskipun demikian, semua persyaratan dan persiapan administrasi serta teknisnya telah terpenuhi dan proses tender di Unit Layanan Pengadaan (UPL) akan tetap jalan di bulan Mei 2020.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Kolut Ir. Junus, M.Si mengungkapkan, semua tahapan dari proses pembangunan bandara tetap didorong karena proses tersebut telah diserahkan ke unit layanan pengadaan.

"Nanti dalam proses tahapan-tahapan tersebut akan kami pantau," kata Kadishub, Jumat (8/5/2020).

Baca juga: Adi Kurdi, Aktor Senior Tanah Air Meninggal Dunia

Lebih lanjut Junus mengatakan, jika proses tender pembangunan bandara yang terletak di Desa Kalu-kaluku dan Lametua, Kecamatan Kodeoha tersebut akan dilakukan di bulan Mei 2020.

"Jadi ditender dulu di ULP, kan tidak mungkin misalanya COVID-19 dinyatakan berakhir di bulan Juni 2020 oleh pihak yang berwenang baru kami mau tender ulang di bulan itu, berarti kami sudah kehabisan waktu," jelasnya.

Kita akan tender, terangnya, kalau sudah ada pemenang tender baru akan dibahas kapan penandatanganan kontraknya. Apakah kontraknya ditandatangani di bulan Juni atau bulan berikutnya, itu akan dibahas belakangan. 

Baca juga: Bagikan Paket Berisi Sampah, YouTuber Ferdian Paleka Ditangkap

"Jadi semua proses tetap jalan, hanya proses pengerjaannya itu belum bisa kami pastikan kapan dimulai dan anggarannya juga masih tersedia," pungkasnya.

Selain itu, Kadishub menegaskan pembenahan lokasi bandara tahun ini yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus selesai sebagai syarat realisasi kucuran dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan bandara di tahun 2021.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga