445 Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Jawa Timur Diberangkatkan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
445  Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Jawa Timur Diberangkatkan
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat memberangkat jemaah haji asal Jawa Timur, Foto: Ist.

" Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melepas jemaah haji kloter pertama embarkasi Surabaya tahun 1444 Hijriah di Asrama Haji, Surabaya "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melepas jemaah haji kloter pertama embarkasi Surabaya tahun 1444 Hijriah di Asrama Haji, Surabaya, Rabu (24/5/2023).

Para jemaah pada kloter ini berasal dari Kabupaten Bangkalan dengan jumlah jamaah 445 orang dan jumlah petugas kloter 5 orang. Para jemaah terdiri atas 220 pria dan 225 perempuan. Sedangkan, para petugas terdiri dari 4 laki-laki dan 1 perempuan.

Dari keseluruhan jemaah, jumlah usia 75 tahun ke atas berjumlah 28 orang. Jemaah tertua berusia 96 tahun atas nama Hasanah Lasan Punah dari Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, sedangkan jemaah termuda berusia 18 tahun atas nama Muhammad Zainul Waton dari Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan.

Baca Juga: Sempat Absen, Sekdaprov Jawa Timur Adhy Karyono Akhirnya Penuhi Panggilan KPK

"Tadi saya komunikasi dengan dokter karena ada yang menurut saya perlu pendampingan. Saya juga koordinasikan dengan dr Herlin, Dirut RSU Haji, agar memungkinkan diberikan obat-obat yang masih dibutuhkan. Intinya kita menjaga agar calon jemaah haji sehat mulai berangkat, saat beribadah dan kembali dalam keadaan sehat dan mabrur," ujarnya.

Mantan Menteri Sosial RI itu mengatakan, berbagai usaha sudah dimaksimalkan untuk memastikan kelancaran ibadah haji para jamaah. Mengingat, berbagai pihak terlibat dan bersinergi.

"Saya bersama Pak Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Kakanwil Kumham, Plt Bupati Bangkalan, Tim Ahli Kemenag, tim dari otoritas bandara, Bea Cukai, imigrasi, staf kesehatan, dan pihak Saudi Airlines ada di sini. Semuanya memberikan doa kepada panjenengan, mudah-mudahan sehat dalam melaksanakan ibadah haji dan dimudahkan semua urusan oleh Allah SWT," pungkasnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Agama RI, Hasanuddin Ali mengatakan hal paling fundamental yang harus dijaga memang kesehatan.

"Jangan terlalu memaksakan dalam beraktivitas, termasuk beribadah sunah. Terlebih dengan kondisi cuaca di Arab Saudi yang saat ini berkisar antara 40-45°C," terangnya.

Baca Juga: Puluhan Atlet Asal Jawa Timur Banjir Bonus Usai Raih Medali di Sea Games 2023

Hasanuddin Ali juga mengatakan, pemerintah telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi jemaah. Maka, mereka diminta untuk jangan sungkan untuk berkonsultasi jika ada keluhan.

Selain kloter pertama tersebut, Embarkasi Surabaya tahun 2023 ini akan melayani jemaah haji sejumlah 36.928 orang yang tergabung di 84 kloter. Dengan rincian jemaah dari Jawa Timur sejumlah 35.152 orang, jemaah dari Bali sejumlah 698 orang, dan dari Nusa Tenggara Timur sejumlah 668 orang. Sementara, petugas kloter sejumlah 420 orang. (B)

Penulis: TRy wahyudi Ari setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga