Anda Sering Sariawan? Ini 4 Obat Alami Agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 29 Oktober 2020
0 dilihat
Anda Sering Sariawan? Ini 4 Obat Alami Agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri
Ilustrasi seseorang yang terserang sariawan. Foto: liputan6.com.

" Sariawan biasanya akan hilang dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10–14 hari. Namun, sariawan juga bisa menetap di dalam mulut hingga beberapa minggu dan bahkan meninggalkan bekas luka. "

KENDARI, TELISIK.ID – Gangguan yang sering menyulitkan makan dan minum adalah sariawan. Hal ini juga yang seringkali menurunkan nafsu makan seseorang ketika diserang penyakit yang terjadi di sekitar mulut.

Dilansir dari alodokter.com, sariawan biasa terjadi di area lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam dapat terjadi akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, dan kekurangan nutrisi tertentu. Terkadang, kondisi ini juga dapat terjadi saat Anda sedang stres.

Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, kebiasaan merokok, mulut kering, dan luka di mulut juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Untuk mengatasi sariawan ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mereda rasa nyeri, sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka sariawan.

Sariawan biasanya akan hilang dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10–14 hari. Namun, sariawan juga bisa menetap di dalam mulut hingga beberapa minggu dan bahkan meninggalkan bekas luka.

Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan, Anda dapat mencoba beberapa cara mengobati sariawan secara alami berikut ini:

1. Kumur dengan larutan garam

Berkumur dengan larutan garam diketahui efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, lalu berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda.

Baca juga: 4 Obat Herbal yang Bisa Dikonsumsi Atasi Sakit Kepala

2. Kompres dengan kantong teh chamomile

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut. Kompres selama kurang lebih 5 menit, sebanyak 3–4 kali sehari.

3. Oleskan madu

Selain chamomile, madu juga memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga baik untuk mengobati sariawan. Anda dapat mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sariawan sembuh. Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan luka sariawan adalah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Agar sariawan bisa cepat sembuh, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Tak hanya sayuran dan buah-buahan, beragam nutrisi untuk mengatasi sariawan juga bisa diperoleh dari suplemen tambahan.

Selain beberapa obat alami di atas, Anda juga bisa mengoleskan sedikit magnesium hidroksida cair di lokasi munculnya sariawan. Magnesium hidroksida biasanya terdapat pada obat maag cair.

Jangan lupa pula untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan sariawan dapat menyebabkan mulut kering dan meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih agar sariawan yang Anda alami cepat sembuh. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga