Anggota DPR-RI Berikan KIP Kuliah Bagi Mahasiswa STIE 66 Kendari

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Kamis, 23 Desember 2021
0 dilihat
Anggota DPR-RI Berikan KIP Kuliah Bagi Mahasiswa STIE 66 Kendari
Anggota DPR-RI, Dra. Hj. Tina Nur Alam, bersama mahasiswa dan orang tua mahasiswa, usai serah terima buku tabungan beasiswa KIP Kuliah 2021. Foto: Nurdian Pratiwi/Telisik

" Mahasiswa STIE 66 Kendari menerima Buku Tabungan Beasiswa atau KIP Kuliah 2021 "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 103 mahsiswa STIE 66 Kendari menerima Buku Tabungan Beasiswa atau KIP Kuliah 2021, Kamis (23/12/2021). Serah terima tersebut diserahkan oleh anggota DPR-RI, Dra. Hj. Tina Nur Alam, M.M.

Adapun bentuk dari beasiswa tersebut yakni berupa biaya kuliah, serta uang saku bagi mahasiswa selama delapan semester penuh atau lebih, tepatnya empat tahun masa perkuliahan.

Tina Nur Alam mengatakan, pemberian beasiswa tersebut sudah diadakan sejak tahun 2020 lalu. Sejauh ini sudah ada sepuluh universitas di Indonesia yang telah menerima KIP tersebut.

“Sejak 2020 kami mengadakan pemberian beasiswa tersebut, kurang lebih sudah 10 universitas yang telah kami berikan, dan bahkan universitas di Jakarta pun juga ada yang menerimanya,” katanya saat ditemui Telisik.id.

“Selain itu, penyerahan kepada beberapa mahasiswa di Sulawesi Tenggara ini, tak lain adalah sebagai bentuk aspirasi saya sebagai anggota DPR-RI salah satunya kepada mahasiswa STIE 66 hari ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, kata dia, mahasiswa yang telah menerima beasiswa maka harus mematuhi setiap syarat yang telah ditetapkan.

“Salah satu syarat yang menurut kami penting yakni, IPK mahasiswa tidak boleh di bawah 3.00 di setiap mata kuliah. Juga jangan menikah dulu, supaya mahasiswa tersebut dapat fokus menyelesaikan studinya,” ucapnya.

“Mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan atau melanggar, maka beasiswa tersebut akan langsung dicabut oleh pihak universitas,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Drs. Andi Lukman M.Si mengatakan, bahwasanya LLDIKTI IX bertugas untuk mengkordinasikan kampus-kampus swasta dan negeri di tiga provinsi.

“Tiga provinsi yang saya maksud adalah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara. Dan pemberian beasiswa ini memang ditujukkan kepada mahasiswa yang kurang mampu, tetapi tetap mempunyai kemampuan di bidang pendidikan,” katanya.

Selain itu, Andi Lukman berharap, kedepannya pemerintah dapat lebih memperhatikan lagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan namun terkendala biaya.

Ketua Dewan Penyantun STIE 66 Kendari, Sudarmanto mengaku senang bahwasanya salah satu pengubah kehidupan kearah yang lebih baik yakni melalui pendidikan.

Baca Juga: Pendaftaran Bacaleg PKS Sultra Tanpa Mahar Politik

Dengan melalui program KIP Kuliah 2021 tersebut, ia berharap adanya kemajuan yang dapat diberikan dari para mahasiswa STIE 66 Kendari.

“Saya berharap di tahun-tahun mendatang Indonesia akan semakin maju di bidang pendidikan, serta tidak hanya STIE 66 saja yang menerima bantuan seperti ini,” kata Sudarmanto yang juga Ketua Fraksi NasDem DPRD Prov Sultra.

Baca Juga: Dukungan Mengalir, WON Nyatakan Siap Tarung Pilgub Sultra

“Tetapi, akan ada universitas-universitas yang pantas dan layak menerima program bantuan yang sama dengan kampus STIE 66 kendari,” pungkasnya. (A-Adv)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga