Berapa Lama Wanita dapat Berhubungan Seks Pasca Melahirkan Cesar? Ini Kata Dokter Boyke

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 26 Juni 2023
0 dilihat
Berapa Lama Wanita dapat Berhubungan Seks Pasca Melahirkan Cesar? Ini Kata Dokter Boyke
Pasca melahirkan secara caesar, wanita setidaknya butuh waktu 3 bulan untuk bisa berhubungan seks lagi. Foto: Repro Alodokter.com

" Jika luka bekas operasi caesar belum kering sempurna, akibatnya bisa fatal jika dipaksa kembali berhubungan intim "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasca melahirkan, seorang wanita harus menunda berhubungan seks dengan suaminya, hal ini demi pemulihan kesehatan setelah persalinan khususnya secara caesar.

Dilansir dari Aceh.tribunnews.com, berhubungan intim setelah melahirkan caesar bisa menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian wanita. Pasalnya, jika luka bekas operasi caesar belum kering sempurna, akibatnya bisa fatal jika dipaksa kembali berhubungan intim.

Melahirkan melalui prosedur operasi caesar atau bedah sesar, disebut juga dengan seksio sesarea. Ini adalah proses persalinan dengan melalui pembedahan dimana irisan dilakukan di perut ibu dan rahim untuk mengeluarkan bayi.

Usai melahirkan caesar, wanita membutuhkan waktu cukup lama untuk pemulihan luka hingga bekas luka jahitan. Apalagi luka jahitan yang cukup panjang di bagian perut kerap membuat wanita merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Kenali Perdarahan Normal dan Abnormal Pasca Melahirkan

Agar Anda lebih nyaman, ketahui saat yang tepat untuk berhubungan seks setelah melahirkan caesar. Menurut dr Boyke, bagi wanita yang melahirkan melalui prosedur operasi caesar, berhubungan intim dengan suami boleh kembali dilakukan setelah 3 bulan pasca melahirkan.

"Makanya pasien-pasien saya sih saya katakan 50 hari pasca melahirkan normal, 3 bulan pasca caesar," tegasnya.

Baca Juga: Ibu Hamil Perlu Perhatikan Ini Jika Ingin Menyusui Tapi Minum Obat

Wanita yang melahirkan melalui operasi caesar memang memiliki waktu penyembuhan sedikit lebih lama dibandingkan melahirkan secara pervaginam atau melahirkan secara normal.

Dikutip dari Kompas.com, jika seorang wanita langsung berhubungan seks usai caesar, maka wanita tersebut berisiko tinggi mengalami nyeri atau tak nyaman akibat vagina yang kering atau perubahan simfimis pubis.

Simfimis pubis adalah sendi di tulang panggul yang menghubungkan kemaluan dan pubis. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga