Anies Janji Bawa UMKM Sulawesi Tenggara ke Tingkat Nasional

Nur Aziza, telisik indonesia
Selasa, 09 Januari 2024
0 dilihat
Anies Janji Bawa UMKM Sulawesi Tenggara ke Tingkat Nasional
Anies saat memamerkan produk lokal di Bravo Kendari. Foto: Nur Aziza/Telisik

" Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan memastikan jika dirinya terpilih akan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu program nasional, termasuk UMKM kota Kendari, Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan memastikan jika dirinya terpilih akan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu program nasional, termasuk UMKM kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pada saat kampanye di Kota Kendari, Anies menyempatkan dirinya untuk berkunjung di salah satu toko khas Kendari yaitu Bravo oleh-oleh khas Kendari yang berada di Jalan Syech Yusuf, Korumba, Kecamatan Mandonga pada pukul 13.00 Wita, Selasa (9/1/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Capres nomor urut 1 yang didampingi oleh Ketua DPW Nasdem Sulawesi Tenggara, Ali Mazi mengatakan, kegiatan UMKM yang khas tradisional sangat perlu didorong untuk tumbuh sebab kekayaan Indonesia ada pada tradisinya.

“Kegiatan UMKM yang khas tradisi setempat itu perlu didorong untuk tumbuh, karena kekayaan Indonesia itu justru ada pada budayanya," kata Anies.

Baca Juga: Kampanye di Kendari, Anies Baswedan Janji Stabilkan Harga Sembako

"Jika kita datang ke satu daerah ke daerah lainnya maka kita lihat kainnya beda, makanannya beda, kemudian snack-snack juga lain dan tentu kita merasakan variasi yang luar biasa,” tambahnya.

Anies juga mengatakan, jika ada kesempatan untuk bisa masuk ke tingkat nasional maka yang bisa merasakan bukan hanya orang-orang akendari atau orang yang berkunjung di Kota Kendari sajaz tapi seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia pun bisa merasakannya.

Tidak hanya itu, Anies juga sangat optimis akan membawa UMKM tradisi serta budaya Indonesia ke gelaga internasional.

Selain itu, Anies juga menjelaskan beberapa tips dalam memajukan UMKM daerah, khususnya Kota Kendari agar bisa masuk ketingkat nasional, yaitu dengan cara memperbaiki standardisasi agar lebih baik, permodalan harus memadai dan manajemennya juga harus baik.

Baca Juga: Simpatisan dan Relawan AMIN Nantikan Kedatangan Anies Baswedan di Hotel Claro

“Jadi diplomasi kita merencanakan untuk diplomasi kebudayaan, artinya dari mulai kuliner sampai karya-karya budaya seperti ini. Ketika kita membantu mendorong untuk masuk ke wilayah nasional maka standarnya harus baik, jadi dibantu untuk standarisasi kemudian harus ada bekal permodalan, menejemennya dan selebihnya adalah kekayaan lokalnya untuk ditonjolkan," jelasnya.

Sementara itu, Ali Mazi yang juga mantan Gubernur Sulawesi Tenggara pada saat mendampingi Anies, mengatakan program mendorong UMKM ini salah satu kebanggan tersendiri.

“Ini salah satu kebanggan kami, hari ini didatangi oleh calon presiden dan langsung melihat di tempat-tempat UMKM untuk kepentingan rakyan kecil. Inilah yang kita butuh calon presiden yang akan menjadi presiden karena datang langsung melihat potensi-potensi dari pada daerahnya," ujarnya.

"Nah, saya mantan gubernur merasa bangga dan bahagia karena hari ini dikunjungi oleh calon presiden,” ucap Ali Mazi. (B)

Penulis: Nur Azizah

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga