Apakah Tumbuhan Berhubungan Seks? Ini Penjelasannya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 20 September 2023
0 dilihat
Apakah Tumbuhan Berhubungan Seks? Ini Penjelasannya
Sama halnya dengan hewan, pada tumbuhan jantan akan memproduksi sperma dan bagian betina berhubungan dengan telur. Foto: Tirto.id

" Seperti yang kita tau, hewan dan manusia berkembang biak melalui hubungan seksual yang mempertemukan sel sperma dan sel telur untuk terjadi pembuahan "

KENDARI, TELISIK.ID - Seperti yang kita tau, hewan dan manusia berkembang biak melalui hubungan seksual yang mempertemukan sel sperma dan sel telur untuk terjadi pembuahan.

Lalu bagaimana dengan tumbuhan? Apakah tumbuhan juga melakukan hubungan seks dalam meregenerasi jenisnya?

Dilansir dari Merdeka.com, sama halnya dengan hewan, pada tumbuhan jantan akan memproduksi sperma, dan bagian betina berhubungan dengan telur. Tanaman angiospermae (tanaman berbunga) dan gymnospermae (tanaman dengan “biji telanjang”), pada struktur jantan menghasilkan serbuk sari (yang mengandung sperma), dan struktur betina memiliki satu atau lebih ovarium (yang berisi telur yang dikenal sebagai bakal biji).

Baca Juga: Ini yang Terjadi Jika Kucing Makan Nasi

Termasuk beberapa tanaman penghasil spora, seperti pakis dan lumut hati, yang memiliki siklus hidupnya lebih rumit, tetap mempunyai bagian jantan dan betina.

Proses perkembangbiakan

Dikutip dari Kompas.com, adapun proses atau perkembangbiakan tumbuhan secara seksual terjadi dengan pembuahan sel telur oleh sel sperma, sehingga dihasilkan biji. Dikutip dari buku Mengenal Anatomi Tumbuhan (2016) oleh Ardian, penyerbukan adalah proses atau peristiwa jatuhnya serbuk sari/pollen (yang dihasilkan oleh benang sari) pada kepala putik.

Serbuk sari atau pollen merupakan alat penyebaran dan perbanyakan generatif dari tumbuhan berbunga. Serbuk sari merupakan modifikasi dari sel sperma. Sel dalam serbuk sari dilindungi oleh dua lapisan (intine/yang bagian dalam, dan extine/yang bagian luar).

Fungsi intine dan extine adalah melindungi serbuk sari dari dehidrasi.

Jenis penyerbukan

Berdasarkan asal serbuksarinya, ada empat jenis penyerbukan, yakni:

Baca Juga: Fakta Unik Semut Panda Bisa Bunuh Seekor Sapi

1. Autogami/penyerbukan sendiri adalah proses penyerbukan, di mana serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri.

2. Geitonogami/penyerbukan tetangga adalah proses penyerbukan, di mana serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang masih dalam 1 tumbuhan tersebut.

3. Alogami/penyerbukan silang adalah proses penyerbukan, di mana serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda tumbuhan namun tumbuhan tersebut masih satu jenis.

4. Penyerbukan bastar/hybrid adalah proses penyerbukan, di mana serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda jenisnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga