Ardin Optimis Pj Bupati Konawe Berasal dari Rekomendasi DPRD

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 20 September 2023
0 dilihat
Ardin Optimis Pj Bupati Konawe Berasal dari Rekomendasi DPRD
Ketua DPRD Konawe, Ardin yakin Pj bupati berasal dari usulan DPRD. Foto: Ist.

" Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Ardin yakin jika Penjabat (Pj) bupati nantinya berasal dari rekomendasi DPRD "

KONAWE, TELISIK.ID - Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Ardin yakin jika Penjabat (Pj) bupati nantinya berasal dari rekomendasi DPRD.

Ardin mengatakan, ada sejumlah alasan kuat yang menjadi keyakinannya, pertama, mayoritas di Indonesia Pj bupati di setiap daerah diisi dari nama yang direkomendasikan DPRD.

"Pertimbangan besar itu selama ini hampir 90 persen yang menjadi Pj bupati berdasarkan rekomendasi DPRD," ungkap Ardin, Rabu (20/9/2023).

Ardin menuturkan, DPRD lebih memahami konstalasi politik pemerintah di daerah sebagai representasi perwakilan rakyat, oleh karena itu ia yakin akan terjadi juga di Konawe.

Baca Juga: Murid SD di Konawe Diduga Dianiaya Orang Tua Siswa saat Pelajaran Berlangsung

Alasan lainnya, lanjut Ardin, Pemerintah Pusat akan melihat rasionalitas. Menurut dia, jika keluar dari rasionalitas maka perlu dilakukan peninjauan ulang.

"Saya curiga jangan sampai ada permainan politik tingkat tinggi di sini untuk menentukan Pj Bupati Konawe itu ada permainan broker, oleh karena itu kita hindari," bebernya.

Ardin menjelaskan, Pj Bupati Konawe secara konstitusional tidak boleh vakum dan harus diisi yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, melalui mekanisme memperhatikan usulan DPRD, gubernur dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Harapan kita akhirnya siapapun yang datang kita terima, kita support, faksi-faksi politik selesai biarlah kita berikan kewenangan kepada Pj untuk melaksanakan tugas menata sistem pemerintahan dan pembangunan di Konawe," harapnya.

Ardin juga berharap, Pj bupati dapat melihat yang kurang baik bisa diperbaiki, yang sudah baik dilanjutkan, tentunya dengan memahami penyelenggaraan pemerintahan di daerah itu ada kepala daerah dan DPRD, tidak ada yang berjalan sendiri-sendiri.

"Kalau itu berjalan sendiri maka akan terjadi arogansi kekuasaan," pungkasnya.

Baca Juga: KH Abdurrahman Al Banjari Sambangi Rutan Unaaha

Sebelumnya, DPRD Kabupaten Konawe secara resmi mengusulkan 3 nama calon Pj Bupati Konawe.

Kepastian 3 nama calon Pj tersebut disampaikan Wakil Ketua II DPRD Konawe, Rusdiano saat dikonfirmasi via selulernya.

"Secara kelembagaan, Ketua DPRD sudah mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati Konawe," kata Rusdianto.

Ketiga nama tersebut yakni

Kepala Kesbangpol Sulawesi Tenggara Harmin Ramba, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari Syahril Abdul Rauf, dan La Ode Muhajirin selaku Kepala Pusat Penyusunan Keterpaduan Rencana Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dari Kementerian PDTT. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga