KH Abdurrahman Al Banjari Sambangi Rutan Unaaha

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 20 September 2023
0 dilihat
KH Abdurrahman Al Banjari Sambangi Rutan Unaaha
K.H Abdurrahman Al Banjari saat memberikan tausiah di Rutan Kelas IIB Unaaha. Foto: Ist.

" Dalam rangka safari dakwah di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham di Seluruh Indonesia, K.H. Abdurahman Al Banjari memberikan motivasi dan pembekalan iman kepada Warga Binaan Rutan Kelas IIB Unaaha "

KONAWE, TELISIK.ID - Dalam rangka safari dakwah di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham di Seluruh Indonesia, K.H. Abdurahman Al Banjari memberikan motivasi dan pembekalan iman kepada Warga Binaan di Masjid Al-Muhajirin Rutan Kelas IIB Unaaha, Rabu (20/9/2023).

Safari Dakwah ini diikuti oleh pejabat struktural beserta pegawai bersama seluruh warga binaan Rutan Kelas IIB Unaaha. Pada kesempatan tersebut, K.H. Abdurahman Al Banjari sampaikan motivasi dan syiar Islam dalam memperbaiki diri dengan introspeksi.

Dalam tausiahnya, K.H. Abdurahman Al Banjari menyampaikan tentang bagian mana manusia memanfaatkan kesempatan yang diberikan Allah SWT untuk memperbaiki diri dari kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat.

Ia mengutip salah satu  pesan sahabat Rasulullah Umar bin Khatab "Koreksilah diri kalian semua sebelum kalian dikoreksi (dihisab). Timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang. Dan hiasilah diri kalian (dengan amal ibadah) untuk pagelaran agung (hari kiamat) kepada Allah Ta’ala. Pada hari itu kalian semua dihadapkan, dan tidak ada sesuatu yang samar dari kalian."

Ia menjelaskan bahwa pesan ini memberikan arahan dan pedoman bagi semua orang untuk menjalani kehidupan di dunia.

Baca Juga: Sosok Al Habsyi, Ustadz Kondang yang Sedang Safari Dakwah di Sulawesi Tenggara

"Di balik makna koreksilah diri kalian sebelum dihisab, berarti kita semua diharapkan untuk berhati-hati dalam bertindak, berbuat, dan berucap, dan bahkan tidak melakukan apa-apa sebelum benar-benar jelas kebenarannya, sehingga semua perbuatannya bernilai manfaat dan umurnya tidak hilang dengan sia-sia," jelasnya.

Ustaz Abdurrahman Al Banjari juga mengatakan bahwa dakwah yang ia lakukan belakangan ini sudah mengunjungi berbagai Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia.

"Ini merupakan kegiatan Safari Dakwah yang ke-352 di Lapas/Rutan dan Sulawesi Tenggara adalah provinsi ke-19 saya, sebelumnya kita juga sudah mengunjungi Lapas dan Rutan di Kalimantan Timur, sekarang di Unaaha dan insyaAllah  setelah ini akan ke Rutan Kolaka," ungkapnya.

Baca Juga: Ribuan Masyarakat Buton Selatan Padati Masjid Nurul Fitri, Safari Dakwah Ustadzah Oki Setiana Dewi

Ustaz Abdurrahman merupakan seorang mantan preman itu menyampaikan tausiah tentang meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, serta tentang kesabaran, beliau juga memotivasi warga binaan untuk selalu bersyukur dan berusaha selalu mengambil hikmah dari setiap kejadian yang ada.

Sementara itu Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha Herianto menyebutkan, kegiatan ini menjadi sebuah motivasi kerohanian yang positif bagi para WBP di Rutan Unaaha, agar lebih menjadi bertakwa dan menjadi pribadi yang lebih baik nantinya.

"Dan kedatangan ustaz KH Abdurrahman Al Banjari kali ini, sangat kita apresiasikan, dimana beliau ini dikenal oleh WBP di Indinesia, karena sentuhan dakwah yang dilakukan menyentuh Rutan dan Lapas di Indonesia," ujar  Herianto. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga