Arus Balik Raha ke Kendari Membludak, Ribuan Penumpang Berdesakan Meski Berangkat 2 Kapal

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 14 April 2024
0 dilihat
Arus Balik Raha ke Kendari Membludak, Ribuan Penumpang Berdesakan Meski Berangkat 2 Kapal
Arus balik pasca lebaran penumpang Raha ke Kendari membludak. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Arus balik pasca lebaran Idul Fitri rute Raha ke Kendari membludak. Ribuan penumpang berdesakan meski sehari 4 kali keberangakatan kapal "

MUNA, TELISIK.ID - Arus balik pasca lebaran Idul Fitri rute Raha ke Kendari membludak. Ribuan penumpang berdesakan meski sehari 4 kali keberangakatan kapal.

Dari pantauan Telisik.id, para penumpang berdesakan sejak pagi hingga sore hari, Minggu (14/4/2024), terjadinya saling dorong antar penumpang. Terlihat beberapa penumpang berteriak karena menunggu sejak pagi hari.

Teriakan panas dimana-mana terdengar, banyak orang yang ingin bergeser membenahi barang-barang maupun lewat untuk melewati gerbang menuju pelabuhan.

Baca Juga: Sampah Menggunung Sejak Lebaran, Warga Kendari Keluhkan Bau Busuk

"Coba bukakan pintu kasih lulus kita sampai di kapal dari tadi pagi kita menunggu ini belum ada terus, ini tiket kami," teriakan para calon penumpang

Terlihat juga beberapa penumpang tidak memiliki tiket, banyak calon penumpang lebih memilih memesan lewat calo dikarenakan tiket telah habis.

Menurut beberapa penuturan, penumpang kali ini banyak yang baru berbalik arah dari kampung ke tanah rantau Kota Kendari untuk melanjutkan pekerjaan atau pendidikannya.

"Iya, ada tiket tapi tidak tempat duduk, banyak penumpang yang pulang lebaran kemarin. Hari ini balik karena mau kerja mi hari Senin," tutur Sari, salah seorang penumpang.

Para penumpang yang lain rela memesan terlebih dahulu tiket sebelum kapal memulai keberangkatan, demi mendapatkan tiket yang memiliki tempat duduk dan tak mau berdesakan.

Baca Juga: Komunitas Peduli Lingkungan Hidup Konawe Utara Dukung Hugua Jadi Gubernur Sultra 2024

"Saya pesan duluan tiket kemarin, kalau tidak saya tidak akan dapat tempat duduk karena banyak sekali penumpang," kata Jafar seorang penumpang lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Raha, Muhidin mengatakan, pengamanan arus balik terpantau lebih sulit dibanding mudik.

"Banyak sekali penumpang dari tadi pagi, siang sampai sore ini. Kita atur yang mudik lebih mudah dibanding arus balik ini, tapi alhamdulilah aman dan lancar," kata Muhidin. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga