Asal Energi Fosil, 20 PLTS Atap Dibangun Serentak di Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 25 Oktober 2023
0 dilihat
Asal Energi Fosil, 20 PLTS Atap Dibangun Serentak di Jawa Timur
Penandatanganan mengawali beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap di Jawa Timur. Foto: Ist.

" Sebanyak 20 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap dibangun di 20 lokasi se-Jawa Timur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 20 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap dibangun di 20 lokasi se-Jawa Timur.

Pengadaan PLTS tersebut merupakan pertama di Indonesia, mengingat hal tersebut merupakan bagian dari proses transformasi energi fosil ke non fosil.

"Bantuan PLTS Atap ini bagian dari kita menyicil bagaimana proses transformasi dari penggunaan energi fosil ke non fosil. Karena energi fosil ini ke depan akan bisa habis, tapi non fosil Insya Allah anugerahkan sumber energi yang luar biasa, baik tenaga surya, air, angin, maupun panas bumi," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Seleksi Anggota KPU Jawa Timur Dimulai

Mantan Mensos ini mengatakan, berbagai sumber energi non fosil tersebut masih bisa dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai sumber energi atau pembangkit listrik. Sehingga ia berharap, penggunaannya bisa lebih dimaksimalkan lagi ke depan.

"Banyak sekali anak bangsa yang sudah memiliki kemampuan, kapasitas dan kapabilitas untuk bisa mengeksplor bagaimana konversi dari energi fosil ke non fosil. Hari ini baru sebagian, yakni tenaga surya dari sinar matahari yang bisa kita maksimalkan, belum tenaga angin, belum air, atau panas bumi," urai ketum Muslimat NU ini.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan PLTS Atap yakni Pengasuh Ponpes Al Falah Malang, KH Samsul Hadi mengatakan, adanya PLTS Atap ini ada efisiensi bagi pondoknya. Sebelum ada bantuan PLTS ini, biaya listrik Pondoknya satu bulan kurang lebih habis Rp 2 juta.

Baca Juga: Relawan Ganjar-Mahfud Bidik 80 Persen Kemenangan di Jawa Timur

"Dengan adanya bantuan ini ada diskon 40 persen, artinya pondok bisa menghemat listrik sebesar Rp 800 ribu. Mudah-mudahan ini menjadi amal Ibu Gubernur. Yang pada akhirnya akan memberikan kemanfaatan dan kemaslahatan bagi masyarakat, khususnya para pesantren yang mendapatkan bantuan PLTS Atap ini,” katanya.

Perlu diketahui, sampai saat ini di Jawa Timur telah berhasil terbangun PLTS dengan total kapasitas terpasang sebesar

68,41 MW. Terdiri dari PLTS Atap sebesar 62,62 MW dan PLTS SHS tersebar dan komunal untuk memberikan akses energi masyarakat daerah terpencil dan kepulauan yang belum menikmati listrik. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga