Seleksi Anggota KPU Jawa Timur Dimulai

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
Seleksi Anggota KPU Jawa Timur Dimulai
Ketua Timsel KPU Jawa Timur, Sasongko Budi Susetyo mengatakan tahapan pelaksanaan pendaftaran calon anggota KPU Jawa Timur tidak akan ada kecurangan. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Masa jabatan komisioner KPU Jawa Timur berakhir. Olehnya itu, KPU RI membuka lowongan untuk komisioner pada provinsi tersebut "

SURABAYA, TELISIK.ID - Masa jabatan komisioner KPU Jawa Timur berakhir. Olehnya itu, KPU RI membuka lowongan untuk komisioner pada provinsi tersebut.

Ketua Timsel KPU Jawa Timur, Sasongko Budi Susetyo mengatakan, tahapan pelaksanaan pendaftaran calon anggota KPU Jawa Timur tidak akan ada kecurangan. Pasalnya, tidak ada celah diskriminatif, manipulatif dan pemalsuan dokumen peserta calon anggota KPU.

"Teknis administratif itu sudah ada aturannya. Dari beberapa tahapan selanjutnya tahap CAT (Computer Assisted Test), tes kesehatan itu pihak ketiga yang langsung dikomunikasikan hasilnya di KPU RI," katanya saat sosialisasi pendaftaran bakal calon anggota KPU Jawa Timur periode 2024-2029, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: Butuh Logistik Banyak di Pemilu, KPU Jawa Timur Butuh Dukungan Hibah

Dikatakan, KPU RI menginginkan komisioner yang kapabel. "Jadi, begitu dilantik nanti langsung menjalankan tugasnya. KPU RI menginginkan terus kontunuitas," imbuhnya.

Salah satu kesuksesan seleksi, tambah Sasongko, adalah adanya keseimbangan gender, untuk pendaftar juga diminati oleh para perempuan.

"Dengan begitu, keterwakilan perempuan 30 persen dalam seleksi bakal calon anggota KPU provinsi diharapkan dapat terpenuhi," terangnya.

Pada kesempatan sama, Sekretaris Timsel  Acmad Muhibin Zuhri menegaskan, proses dan tahapan seleksi ini akan berjalan baik.

"Kami sudah berkomitmen sesuai aturan dan kami dibekali dengan regulasi yang harus dilakukan secara rijik. Namun demikian, kami berharap masyarakat juga melakukan monitoring," ulasnya.

Muhibin membeberkan, untuk menunjang tertib administrasi dalam pendaftaran calon KPU Jawa Timur, setiap pendaftar wajib memiliki akun elektronik dan teknologi informasi dalam proses seleksi.

Baca Juga: KPU Jawa Timur Umumkan 15 Bakal Calon DPD RI Lolos Verifikasi Dukungan

"Dokumentasi data penyelenggara pemilu dan pemilihan yang dimiliki KPU yaitu sistem informasi anggota KPU dan badab ad hoc (Siakba)," terangnya.

Siakba kata dia, semua dokumen yang menjadi persyaratan harus diupload oleh masing-masing pendaftar.

"Seluruh berkas yang menjadi persyaratan harus diupload. Aslinya nanti diserahkan ke sekretariat beserta copyannya," terangnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga