ASN Jatim Resah, Tahun Ini Pemerintah Berlakukan Pemangkasan Eselon

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 19 April 2021
0 dilihat
ASN Jatim Resah, Tahun Ini Pemerintah Berlakukan Pemangkasan Eselon
Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim, Bayu Airlangga. Foto: Yudhie/Telisik

" Mereka resah karena selama ini kurang ada sosialisasi untuk pemangkasan tersebut "

SURABAYA, TELISIK.ID - Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim, Bayu Airlangga mengatakan, saat ini ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jatim resah.

Pasalnya kata dia, pemerintah akan memberlakukan pemangkasan ASN eselon IV di lingkungan Pemda Jatim.

Diketahui, tahun ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bersama Kementerian Dalam Negeri akan memulai penyetaraan jabatan bagi instansi di pemerintah daerah.

Hal ini akan dilakukan seusai penetapan dari Kementerian Dalam Negeri mengenai jabatan-jabatan di pemerintah daerah yang bisa dialihkan ke dalam jabatan fungsional (JF).

Adapun proses penyederhanaan birokrasi melalui penyetaraan JA ke JF di tahun 2021 ini, akan terus dilanjutkan. Kementerian PAN-RB saat ini tengah merumuskan revisi Peraturan Menteri PANRB 28/2019 sebagai landasan hukum.

“Mereka resah karena selama ini kurang ada sosialisasi untuk pemangkasan tersebut,” kata Bayu Airlangga di Surabaya, Senin (19/4/2021).

Menurut politisi asal Partai Demokrat ini, idealnya pemerintah sebelum memberlakukan kebijakan tersebut harusnya dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Baca Juga: Belum Terima NIP, 19 CASN Mengadu di DPRD Muna

"Jangan lalu tiba-tiba memberlakukan keputusan tersebut. Para ASN banyak yang tak tahu adanya rencana itu," sambung politisi asal Partai Demokrat ini.

Lebih lanjut, kata Bayu, jika diberlakukan pemangkasan tersebut, maka dasar pimpinan untuk menaikkan pangkat ASN berdasarkan angka kredit.

"Ini jelas tak etis kalau berdasar angka kredit layaknya membeli kartu member," jelasnya.

Bayu menambahkan, untuk menjawab keresahan para ASN tersebut, pihaknya akan datang ke Kementerian PAN-RB dan Kemendagri untuk mempertanyakan soal pemangkasan eselon tersebut.

"Kami akan terus memperjuangkan aspirasi ASN di Jatim yang resah. Kami undang semua agar nantinya akan menggelar FGD untuk membahasnya," tutupnya. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga