Nelayan di Buton Kecipratan Ratusan Sarana Melaut

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 01 Maret 2024
0 dilihat
Nelayan di Buton Kecipratan Ratusan Sarana Melaut
Pemerintah Daerah Kabupaten Buton serahkan 328 sarana melaut kepada nelayan. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton menyerahkan bantuan sarana kepada pelaku usaha perikanaan melalui dinas perikanan di Pelataran PPI, Kelurahan Takimpo "

BUTON, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton menyerahkan bantuan sarana kepada pelaku usaha perikanaan melalui dinas perikanan di Pelataran PPI, Kelurahan Takimpo, Jumat ( 1/2/2024).

Bantuan sarana usaha yang diserahkan berupa sarana dan prasarana kerang mabe sebanyak 6 unit, armada katinting sebanyak 102 Unit, rumpon sebanyak 9 unit, armada tuna hand line sebanyak 2 unit, mesin inboard 24 PK sebanyak 5 unit, GPS sebanyak 5 unit.

Kemudian juga jaring insang sebanyak 14 unit, termos ikan sebanyak 105 buah, pass kecil kapal perikanan sebanyak 76 buah dan bantuan pengadaan jaring sero sebanyak 300 Kg yang penerimanya tersebar di seluruh Kabupaten Buton.

Dalam sambutannya, Perwakilan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Baubau, Sadudin, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyerahkan pass kecil sebanyak 147 buah kepada masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Buton yang telah diukur pada tahun 2023 kemarin.

Baca Juga: Operasi Keselamatan di Buton Dimulai 4 Maret, Ini Sasarannya

Ia menambahkan, pass kecilnya sekarang berupa kartu bernama e-pass kecil yang bekerja sama dengan BNI dimana dapat bermanfaat untuk berbelanja dan juga bermanfaat sebagai tanda kepemilikan kapal.

Nelayan Kabupaten Buton yang mendapatkam bantuan sarana melaut dari Pemda. Foto: Ist.

 

“Persyaratan untuk memiliki e-pas kecil diantaranya KTP, surat keterangan hak milik, surat keterangan tukang yang disahkan oleh lurah dan camat setempat,” katanya.

Lebih lanju, kata dia, program ini merupakan program Kementerian Perhubungan Pusat yang diamanahkan kepada daerah untuk menerbitkan e-pas kecil di Kabupaten Buton.

Penjabat (Pj) Bupatj Buton, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Buton  Asnawi Jamaluddin, mengapresiasi  kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buton atas nama pemerintah Kabupaten Buton yang selalu mengupayakan bagaimana nelayan di Kabupaten Buton ini bisa diberdayakan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin saat menyampaikan sambutanya. Foto: Ist.

 

Menurutnya, potensi perikanan di Buton cukup besar hanya saja keterbatasan armada. Olehnya itu Pemda Buton berupaya agar masyarakat dapat mengelola potensi yang ada dengan meluncurkan bantuan sarana bagi nelayan.

Baca Juga: Naik, Harga Beras di Buton Capai Rp 800 Ribu Per Karung

“Sebagaimana yang kita tau persis bahwa Kabupaten Buton telah masuk dalam kategori wilayah WPPT 714, karena potensi perikanan yang bisa kita dapat sekitar 1,5 juta ton karena laut banda dan laut flores memiliki potensi ikan yang cukup besar,” kata Sekda.

Sekda Buton berharap kepada penerima bantuan untuk menggunakan bantuan yang telah diberikan agar dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahtera nelayan di Buton.

Salah satu nelayan, Asril yang mendapatkan bantuan, sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah yang memperhatikan kebutuhan rakyat kecil. Dimana dengan bantuan ini sangat membantu meningkatkan produktifitas mereka.

"Allhamdulillah sangat bersyukur dengan bantuan ini. Ini kami akan manfaatkan dengan baik," katanya singkat. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga