Atasi Krisis Iklim, DPMPTSP Muna Barat Lakukan Gerakan Tanam Pohon

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 14 Juni 2024
0 dilihat
Atasi Krisis Iklim, DPMPTSP Muna Barat Lakukan Gerakan Tanam Pohon
DPMPTSP Muna Barat lakukan gerakan menanam pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Muna Barat menanam puluhan pohon pelindung di area kantor, Jumat (14/6/2024) "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Guna mengatasi krisis iklim di Hari Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Muna Barat menanam puluhan pohon pelindung di area kantor, Jumat (14/6/2024).

Diketahui, penanaman pohon tersebut sesuai dengan Surat Edaran Bupati Muna Barat Nomor 100.3.4.2/2/2024 tentang Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo dalam surat edarannya menyatakan bahwa di Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 dengan mengangkat tema penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan sebagai platform global untuk mendorong tindakan lingkungan dengan melibatkan masyarakat dalam kehidupan berkelanjutan.

Untuk itu, ia mengarahkan untuk melaksanakan aksi lingkungan melalui kegiatan bersih pantai, bersih sungai atau mata air, penanaman pohon atau mangrove, edukasi hidup berkelanjutan kepada masyarakat dan lintas generasi, serta aksi lingkungan lain sesuai kondisi wilayah masing-masing.

"Aksi ini dilaksanakan mulai 5 Juni hingga 5 Juli 2024," ujar La Ode Butolo.

Baca Juga: Antisipasi Kualitas Udara Buruk Jakarta, IKA Unhas Tanam Pohon di Bogor

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Muna Barat, La Ode Hanafi mengatakan, menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Muna Barat, pihaknya melakukan gerakan penanaman pohon di sekitar area kantor pada 14 Juni 2024.

"Ini juga bentuk partisipasi DPMPTSP Muna Barat dalam menjaga lingkungan di Hari Lingkungan Hidup Sedunia," ujarnya, Jumat (14/6/2024).

Penanaman pohon itu bertujuan mengatasi krisis iklim dunia serta untuk memperindah lingkungan kantor. Untuk itu, pihaknya menanam beberapa jenis pohon palem, pucuk merah, dan pohon lindung lainnya.

Ia berharap kepada seluruh masyarakat agar turut melakukan gerakan menanam pohon selama satu bulan mulai 5 Juni-5 Juli 2024.

Baca Juga: Soal Penebangan Pohon Jati jadi Polemik, Ini Respon KNPI Muna Barat

Selanjutnya, Sekretaris DPMPTSP, Masrul mengatakan bahwa semua pihaknya turut berpartisipasi dalam menanam pohon, sehingga untuk terus menjaga pohon tetap tumbuh subur, pihaknya akan terus melakukan upaya seperti menyiram pohon dan membuat pagar agar terhindar dari sapi.

"Kita nantinya akan membuat pagar supaya sapi tidak memakan pohon yang telah ditanam," ujarnya.

Sehingga, penanaman pohon itu bukan hanya simbolis semata, tetapi pihaknya mampu mempertahankan pohon yang telah ditanam. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga