Pj Bupati Konawe Beberkan Anggaran Pembangunan 2024 di Kecamatan Onembute Capai Rp 1,9 Miliar

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 03 Februari 2024
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Beberkan Anggaran Pembangunan 2024 di Kecamatan Onembute Capai Rp 1,9 Miliar
Pj Bupati Konawe saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Onembute bersama rombongan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pj Bupati Konawe beberkan anggaran pembangunan untuk Kecamatan Onembute pada tahun 2024 sebesar Rp 1,9 miliar "

KONAWE, TELISIK.ID - Pj Bupati Konawe beberkan anggaran pembangunan untuk Kecamatan Onembute pada tahun 2024 sebesar Rp 1,9 miliar.

Anggaran tersebut direncanakan untuk di berbagai sektor pembangunan, serta delapan ratus juta diantaranya diperuntukkan untuk sektor kesehatan.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba menjelaskan, untuk infrastruktur jalan di Desa Anggolosi dan Anaonembute akan dilakukan pengaspalan sejauh 1,5 Km dan 2,4 km.

"Nanti pada tahun 2025 kalau masih ada jalan di ibukota kecamatan yang belum diaspal, tolong dilaporkan," jelas Harmin Ramba, saat kunjungan kerja di Kecamatan Onembute, Sabtu (3/2/2024).

Harmin juga mengatakan, terkait kelangkaan pupuk pihaknya bakal menyalurkan bantuan kepada kelompok petani yang ada di Kecamatan Onembute.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Janjikan Pembayaran Ganti Rugi Lahan APL Desa Tamesandi Segera Dibayarkan

Selain itu, lanjut Harmin Ramba, untuk irigasi pengairan area persawahan masih menjadi fokus utama dari Pemerintah Kabupaten Konawe dalam menunjang produktivitas pertanian yang ada.

"Jadi tolong kepala Bapeda untuk ditinjau langsung dimana titiknya," ungkapnya.

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Konawe juga bakal memberikan bantuan kepada kelompok usaha dengan memberikan modal sebesar Rp 10 juta per kelompok usaha.

Sebelumnya, salah satu masyarakat setempat, Onas menjelaskan, masyarakat kurang menikmati pertanian karena kendala pengairan di area persawahan.

"Punya sawah pengairannya kadang kalau musim hujan kebanjiran kalau musim kering malah kekeringan," jelasnya.

Ia juga membeberkan terkait kesejahteraan kelompok usaha produk batu bata di Kecamatan Onembute masih sangat kurang, karena terkendala dengan modal usaha.

Baca Juga: Anggota Sabhara Polres Kolaka Timur Tembak Seorang Wanita hingga Kritis

"Serta terkait pupuk, dimana lebih banyak tengkulak yang memiliki pupuk di bandingkan para petani," bebernya.

Selain itu, Kepala Desa Ana Onembute Mantasia meminta kepala Pj Bupati Konawe untuk dapat merealisasikan pengaspalan di desanya. Pasalnya m, sudah dua periode dirinya menjabat sebagai kepala desa daerahnya belum juga diaspal.

"Itu sudah berapa kali kami usulkan pak mulai dari periode pertama saya mengusul ke Bapeda, namun hingga saat ini belum ada pengaspalan," bebernya.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya di Kecamatan Onembute, Pj Bupati Konawe menyalurkan bantuan beras CCP 10 kg kepada 835 KPM dengan total keseluruhan 8.350 kg atau 8,35 ton.

Bantuan ini diberikan pemerintah sebagai bentuk kepedulian kepada keluarga yang kurang mampu dan juga sebagai upaya menekan laju inflasi daerah. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga