Awas, 5 Kebiasaan Ini Bisa Picu Munculnya Penuaan Dini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 24 Juli 2022
0 dilihat
Awas, 5 Kebiasaan Ini Bisa Picu Munculnya Penuaan Dini
Penuaan dini sangat mengganggu kondisi fisik seseorang dalam berpenampilan. Foto: Repro thebodyshop.co.id

" Seseorang terlihat tua tidak selamanya harus berumur, namun juga biasa masih usia muda. Hal ini disebut dengan penuaan dini "

KENDARI, TELISIK.ID - Seseorang terlihat tua tidak selamanya harus berumur, namun juga biasa masih usia muda. Hal ini disebut dengan penuaan dini.

Dikutip dari hellosehat.com, penuaan dini adalah kondisi seseorang yang masih usia muda tapi perawakannya terlihat lebih tua dari usianya karena kulitnya tampak kendur, berkerut, menipis, atau dipenuhi flek hitam.

Namun penuaan kulit seperti itu biasanya dialami oleh seseorang yang memang sudah tua.

Kondisi penuaan dini ini pun harus dihindari, sebab sangat mengganggu penampilan hari-hari. Olehnya itu, kita mesti menjaga diri dari penuaan dini ini, salah satunya dengan menghindari kebiasaan yang bisa merangsang kondisi fisik jadi lebih tua.

Melansir yoursay.id dari Everyday Health, berikut sejumlah kebiasaan yang harus kamu hentikan agar terhindar dari penuaan dini:

1. Menggosok mata

Kebiasaan remeh menggosok mata ternyata dapat berkontribusi memunculkan tanda-tanda penuaan dini. Jika dilakukan sesekali dampaknya memang tidak akan terlihat, tetapi apabila sudah cukup sering dilakukan maka efek negatifnya pun akan bermunculan. 

Menggosok mata secara terus-menerus dapat meningkatkan peradangan dan hal itu memengaruhi garis di sekitar mata. Pada akhirnya, hal itu dapat mengakibatkan timbulnya kerutan di sekitar mata. 

2. Kurang tidur

Nyatanya, tidur tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik, tetapi juga berdampak pada kesehatan kulit, khususnya kulit wajah. Kurang tidur akan menyebabkan penampilan wajah terlihat kusam dan lesuh. 

Untuk memastikan bahwa tidurmu cukup, maka kamu perlu menetapkan jadwal tidur yang ketat dan menghindari konsumsi kafein pada sore hari. 

3. Tidak memakai sunscreen

Penggunaan sunscreen menjadi salah satu solusi terbaik untuk terhindar dari penuaan dini. Nyatanya, paparan sinar matahari berpengaruh sebanyak 80 persen terhadap munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan hingga perubahan pigmentasi. 

Baca Juga: 11 Dampak Terlalu Sering Berhubungan Intim

Cara terbaik untuk mengatasi efek buruk akibat paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen secara rutin. Terkait hal itu, pastikan bahwa kamu memilih produk sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu. 

4. Stres

Jangan salah, stres juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Hormon stres akan menyebabkan munculnya peradangan, kulit kendur, hingga keriput. 

5. Keliru memilih pembersih wajah

Penggunaan pembersih wajah berfungsi untuk mengangkat segala kotoran dan debu yang terdapat pada kulit wajah. Pentingnya fungsi tersebut membuat kamu harus rutin membersihkan wajah minimal 2 kali sehari. 

Baca Juga: Deretan Polwan Cantik Bikin Langsung Jatuh Cinta, Nomor 3 Cowok Pasti Rela Ditilang

Namun, pastikan bahwa kamu memilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Sebab, salah memilih pembersih wajah hanya akan menimbulkan berbagai masalah pada kulit termasuk menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini. 

Jika kulitmu kering, maka gunakan pembersih wajah yang mengandung efek hidrasi. Terkait hal itu, maka sangat penting untuk mengetahui jenis kulit karena hal tersebut akan menjadi petunjuk pertama dalam memilih produk perawatan yang tepat untuk kulitmu. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga