Awas, 6 Kebiasaan Ini Bikin Rentan Terkena Serangan Jantung di Usia Muda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 06 September 2021
0 dilihat
Awas, 6 Kebiasaan Ini Bikin Rentan Terkena Serangan Jantung di Usia Muda
Seorang pemuda dikena serangan jantung. Foto: Repro hellosehat.com

" Jumlahnya semakin meningkat selama pandemi COVID-19, dikaitkan dengan kurangnya kesadaran tentang gejala, menunggu lama ke fasilitas kesehatan dan penyakit penyerta "

KENDARI, TELISIK.ID – Kesehatan merupakan sesuatu yang berharga dalam hidup manusia. Sehingga menjaganya menjadi suatu kewajiban dan keharusan.

Jika tidak, maka berbagai penyakit akan menyerang. Salah satunya adalah serangan jantung.

Dikutip dari Bisnis.com, serangan jantung atau yang juga disebut sebagai infark miokard adalah kondisi ketika aliran darah ke jantung tiba-tiba terhenti karena segala jenis penyumbatan.

Kondisi ini dapat terjadi karena pembentukan plak, yang umumnya disebabkan oleh lemak dan penumpukan kolesterol. Aliran darah yang terputus dapat merusak atau menghancurkan bagian dari otot jantung dan karena bisa sangat mengancam, mereka memerlukan bantuan dan perawatan medis sejak awal.

Risiko serangan jantung meningkat seiring bertambahnya usia dan penyakit penyerta, ada peningkatan jumlah orang muda dan setengah baya yang menderita serangan jantung dan masalah jantung terutama bagi mereka yang berusia di bawah 50 tahun.

Menurut para ahli, jumlahnya semakin meningkat selama pandemi COVID-19, dikaitkan dengan kurangnya kesadaran tentang gejala, menunggu lama ke fasilitas kesehatan dan penyakit penyerta.

Selain itu, faktor gaya hidup, faktor risiko, diet, dan masalah genetik menyebabkan peningkatan insiden atau semakin banyak orang di usia 30-an dan 40-an yang mengalami serangan jantung.

Statistik global juga mengatakan bahwa proporsi orang dewasa berusia antara 30-50 yang mengalami serangan jantung meningkat 2 persen per tahun selama 10 tahun terakhir.

Peningkatan komplikasi kardiovaskular mendadak juga sebagian besar disebabkan oleh perubahan gaya hidup modern dan kebiasaan menetap, yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Beberapa kebiasaan ini dapat membuat Anda rentan terhadap serangan jantung, melansir Times of India, Jumat (3/9/2021).

1. Duduk sepanjang hari

Pandemi membuat banyak orang diharuskan untuk bekerja dari rumah, sehingga membuat Anda menjadi malas.

Menurut American Heart Associated, orang yang tidak banyak bergerak dan duduk selama 5 jam atau lebih memiliki dua kali lipat risiko gagal jantung.  

2. Konsumsi alkohol berlebihan

Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke dan obesitas, yang semuanya meningkatkan risiko penyakit jantung. Minum berlebihan juga dapat mengganggu ritme jantung.  

3. Terlalu banyak mengonsumsi garam

Asupan natrium yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Hindari sup kemasan, daging makan siang, makan malam beku dan keripik untuk mengurangi sumber natrium tersembunyi.  

4. Tidak menggunakan benang gigi

Penelitian telah menemukan bahwa orang dengan penyakit jantung koroner yang menggunakan benang gigi mengalami lebih sedikit masalah kardiovaskular.

Bakteri yang berhubungan dengan penyakit gusi meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang terkait dengan penyakit jantung. 

Baca Juga: 5 Pilihan Makanan untuk Anak yang Sering Mimisan

Baca Juga: Teripang Emas yang Kaya Manfaat, Bisa Mencegah Kanker

5. Anda merasa Anda terlalu muda

Jangan memiliki sikap santai dalam hal berolahraga dan makan sehat karena Anda masih muda. Faktanya, mereka yang berusia 30-an dapat terkena serangan jantung akibat pola hidup yang tidak sehat.  

6. Kurang tidur

Jantung Anda bekerja sepanjang hari, bahkan ketika Anda membaca. Tetapi ketika Anda tidur, detak jantung dan tekanan darah Anda turun dan naik sebagai respons terhadap impian Anda.

Perubahan ini mempromosikan kesehatan kardiovaskular. Oleh karena itu, pastikan untuk memiliki cukup waktu untuk tidur. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga