Bachrun Labuta Siapkan Rp 2 Miliar untuk Urusan Pemekaran Kota Raha dan Muna Timur

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 03 Oktober 2024
0 dilihat
Bachrun Labuta Siapkan Rp 2 Miliar untuk Urusan Pemekaran Kota Raha dan Muna Timur
Bachrun Labuta telah menyiapkan anggaran untuk pengurusan administrasi pemekaran Kota Raha dan Muna Timur. Foto: Ist.

" Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta, telah menyiapkan anggaran untuk usulan pemekaran Muna Timur dan Kota Raha untuk mendekatkan pelayanan pemerintahan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat "

MUNA, TELISIK.ID - Pemekaran Kota Raha dan Muna Timur menjadi daerah otonom baru (DOB) dijadikan jualan politik salah satu pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati (Wabup) Muna untuk menarik simpatik masyarakat.

Namun, di balik itu mereka tidak tahun, bila Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna di bawah komando Plt Bupati, Bachrun Labuta telah menyiapkan anggaran untuk pengurusan usulan pemekaran dua calon DOB itu.

Bachrun yang saat ini kembali mencalonkan diri sebagai cabup, tidak mau terlalu mengumbar apa yang telah dilakukan untuk daerah.

Ia berkomitmen akan memekarkan dua wilayah itu dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan pemerintahan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kita sudah siapkan anggaran untuk pengurusan administrasi pemekaran sebesar Rp 2 miliar," kata Bachrun, Kamis (3/10/2024).

Baca Juga: Kampanye Bachrun Labuta di Lasalepa: yang Lain Masih Berjanji, Kami Sudah Membuktikan

Menurut Bachrun, Kota Raha dan Muna Timur sudah layak untuk mekar. Apalagi, kedua wilayah itu telah mengatongi amanat presiden (Ampres).

Khusus Muna Timur, konsep trans science teknopark dalam pengembangan transmigrasi akan menjadi cikal bakal pemekaran itu. Belum lagi, Muna Timur didukung dengan potensi sumber daya alam yang melimpah meliputi, sektor pertanian, perikanan dan peternakan. Belum lagi, ada potensi kandungan migas yang saat ini dalam penelitian oleh Kawasan Sains dan Teknologi Universitas Pandjajaran (KST Unpad) yang kemudian hasilnya akan dilaporkan pada PT Pertamina.

Karenanya, sebagai Plt bupati, ia terus memberikan perhatian serius terhadap pembangunan infrastruktur di Muna Timur.

Baca Juga: Berkat Usulan Bachrun Labuta, Jalan Wakadia Mulai Diaspal

Ia tidak terlalu mau banyak berjanji. Bila terpilih bersama La Ode Asrafil Ndoasa di Pilkada 27 November mendatang, dalam jangka waktu tiga tahun, akan membawa perubahan signifikan di Bumi Sowite.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muna, La Ode Hasrun mengatakan, sesuai perintah Plt Bupati, Bahrun Labuta, anggaran pengurusan administrasi pemekaran Kota Raha dan Muna Timur telah disiapkan.

"Kita sudah siapkan Rp 2 miliar. Masing-masing Rp 1 miliar," singkat Hasrun. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga