Bahas Piala Adipura, Pj Bupati Kolaka Utara Rapat Khusus Bersama DLH

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 07 September 2022
0 dilihat
Bahas Piala Adipura, Pj Bupati Kolaka Utara Rapat Khusus Bersama DLH
Pj Bupati Kolaka Utara, Andi Parinringi, (berkacamata) bersama Kadis DLH Kolaka Utara, Mardang (sisi kiri bupati) usai rapat bersama DLH Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Andi Parinringi, menggelar rapat khusus bersama Kepala Dinas, Sekertaris, Kepala Bidang, dan semua staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Andi Parinringi, menggelar rapat khusus bersama Kepala Dinas, Sekertaris, Kepala Bidang, dan semua staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

Rapat tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti progres persiapan menjelang penilaian piala Adipura yang diikuti Kabupaten Kolaka Utara, Wakatobi, dan Kolaka.

Pj Bupati Kolaka Utara, Andi Parinringi mengungkapkan, sejak rapat koordinasi bersama Sekda, Asisten, kepala OPD, camat dan lurah beberapa waktu lalu, ia telah mengintervensi semua OPD untuk bekerja maksimal untuk meraih piala Adipura tahun ini.

"Andai kita belum bisa mendapatkan piala tersebut, minimal ada perubahanlah yang dilakukan teman-teman di Dinas Lingkungan Hidup," terangnya, Rabu (7/9/2022).

Kata dia, titik pantau yang masuk kategori penilaian, yakni ada beberapa OPD, sekolah, puskesmas, pasar, pelabuhan dan beberapa kelurahan.

Pj Bupati Kolaka Utara saat memimpin rapat khusus bersama DLH Kolaka Utara didampingi Kadis dan Sekdis DLH dan diikuti semua Kabid serta staf DLH. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

"In Syaa Allah, semoga tidak ada halangan, Sabtu kami akan menggelar pertemuan bersama camat, lurah, dan desa setempat bersama Kapolsek dan Koramil untuk sama-sama berbenah demi Kolaka Utara yang sudah baik menjadi lebih baik lagi," tukasnya.

Pada prinsipnya, kata Kepala DLH Kolaka Utara, Mardang, untuk penilaian Adipura pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan pembenahan.

"Kondisi lapangan saat ini untuk semua titik pantau progres pembenahannya sudah di atas 70 persen dan mudah-mudahan satu dua hari ini capaiannya sudah di atas 90 persen," jelas Mardang.

Lebih lanjut, ia menuturkan, jika saat ini ada beberapa item sarana dan prasarana yang masuk dalam kriteria penilaian sudah rusak termakan usia dan belum dapat dibenahi.

"Item itu sudah kami sampaikan ke Pak bupati saat rapat tadi, seperti pengadaan bak sampah, mesin pembuatan pupuk kompos yang kami gunakan di TPA rata-rata sudah rusak karena usianya sudah lebih dari 10 tahun serta sarana dan prasarana lainnya," imbuhnya.

Baca Juga: Dinkes Konawe Genjot Vaksinasi Booster Dosis 2 untuk Nakes

Baca Juga: Tim Direktorat Kemenkes Gelar Monev Kesehatan Jiwa dan Napza di Konawe

Meski demikian, mantan Kepala BKD Kolaka Utara ini tetap menargetkan piala Adipura untuk Kolaka Utara tahun ini.

"Target kami tetap Adipura karena hanya ada tiga kabupaten di Sulawesi Tenggara yang ikut dalam kegiatan ini, yakni Wakatobi, Kolaka dan Kolaka Utara," ujarnya.

Menurutnya, tim penilaian tiba di Kolaka Utara pada 8 September 2022. Mereka berada di Kolaka Utara sampai 9 September.

"Setelah itu mereka lanjut ke Kabupaten Kolaka," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan, Setda Kolaka Utara, Hidayat Saing menuturkan, Kolaka Utara telah meraih piala Adipura yang ke-6.

"Kolaka Utara sudah meraih 6 kali piala Adipura kategori kota kecil," imbuhnya.

Dilansir dari kompas.com, pemberian penghargaan Adipura kembali dilaksanakan pada tahun 2022 setelah sempat ditiadakan selama dua tahun karena pandemi COVID-19.

Tidak adanya penghargaan dan rangkaian kegiatan Adipura selama dua tahun ini diakui telah menurunkan sejumlah aspek kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.

Adipura sendiri adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia sesuai kategori kota berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Kegiatan ini merupakan program Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. (A-info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga