Bahlil Lahadalia Bakal Duduki Tahta Golkar Hari Ini

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 21 Agustus 2024
0 dilihat
Bahlil Lahadalia Bakal Duduki Tahta Golkar Hari Ini
Bahlil Lahadalia, bakal dikukuhkan menjadi Ketua Umum Golkar. Foto: [email protected]

" Bahlil Lahadalia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hanya tinggal selangkah lagi dari kursi Ketua Umum Partai Golkar setelah terpilih sebagai formatur tunggal "

JAKARTA, TELISIK.ID - Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar yang digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (21/8/2024) menjadi momen bersejarah bagi partai berlambang pohon beringin tersebut. Bahlil Lahadalia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hanya tinggal selangkah lagi dari kursi Ketua Umum Partai Golkar setelah terpilih sebagai formatur tunggal.

Ketua Pimpinan Sidang Munas XI Partai Golkar, Adies Kadir, menyampaikan bahwa seluruh pemilik suara, yang meliputi DPD I, DPD II, organisasi pendiri, organisasi didirikan, serta organisasi sayap, telah menyetujui Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum untuk periode 2024-2029.

"Apabila terdapat calon yang memperoleh dukungan 50 persen plus 1 dari pemegang hak suara, langsung dinyatakan sebagai ketua umum atau ketua formatur," jelas Adies, seperti dilansir dari antaranews.com.

Keputusan ini menandakan bahwa Bahlil Lahadalia tidak hanya memperoleh dukungan mayoritas tetapi juga secara efektif menjadi formatur tunggal yang akan menyusun kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar untuk lima tahun ke depan.

Baca Juga: Potensi Bahlil Lahadalia jadi Ketua Umum Golkar Secara Aklamasi Menguat

Selain penetapan Bahlil sebagai formatur tunggal, Munas XI juga memutuskan untuk melengserkan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar yang sebelumnya dipimpin oleh Airlangga Hartarto dan diteruskan sementara oleh Agus Gumiwang Kartasasmita.

Rangkaian Munas XI Partai Golkar belum sepenuhnya selesai. Rapat hari ini, akan melanjutkan agenda dengan komisi program umum, komisi rekomendasi, dan pernyataan politik. Puncak acara adalah penetapan resmi Ketua Umum baru yang diharapkan bisa membawa perubahan positif bagi partai.

Sebelumnya, proses pendaftaran calon Ketua Umum Partai Golkar menunjukkan bahwa terdapat dua pendaftar: Ridwan Hisjam dan Bahlil Lahadalia. Namun, hasil verifikasi menunjukkan bahwa hanya Bahlil Lahadalia yang memenuhi syarat.

Baca Juga: DPD Golkar Kolaka Utara Dukung Bahlil Lahadalia jadi Ketum DPP Golkar

Dikutip dari [email protected], dalam kesempatan tersebut, Bahlil Lahadalia telah menyampaikan kesiapan untuk berkompetisi secara sehat dengan calon lainnya. Meskipun hanya ada satu calon yang lolos verifikasi, Bahlil tetap menekankan komitmennya untuk berkontribusi secara maksimal bagi Partai Golkar.

Bahlil juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan dan menegaskan bahwa dirinya adalah kader murni Golkar yang belum pernah berpindah ke partai lain.

Bahlil Lahadalia juga menjelaskan motivasinya untuk terlibat lebih dalam dalam Partai Golkar. Menurutnya, sebagai "anak kandung" partai, ia merasa memiliki tanggung jawab moral untuk mengabdi dan memberikan kontribusi terbaik. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga