Balita di Kendari Meninggal Akibat Penyakit DBD

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 16 Januari 2024
0 dilihat
Balita di Kendari Meninggal Akibat Penyakit DBD
Satu pasien Rumah Sakit Bahteramas Sulawesi Tenggara meninggal dunia akibat derita DBD. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Balita berusia 4 tahun di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara meninggal dunia akibat menderita Demam Berdarah Dengue (DBD) pada 2 Januari 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Balita berusia 4 tahun di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara meninggal dunia akibat menderita Demam Berdarah Dengue (DBD) pada 2 Januari 2024.

Balita tersebut meninggal dunia setelah beberapa jam dirawat di Rumah Sakit Bahteramas. Pasien ini merupakan rujukan Rumah Sakit Hati Mulia.

Hal tersebut disampaikan Direktur Rumah Sakit Bahteramas, Hasmudin. Menurutnya, balita itu sebelumnya dirawat selama satu pekan di Rumah Sakit Hati Mulia. Namun karena kondisi memburuk, sehingga langsung dirujuk ke Rumah Sakit Bahteramas dan dirawat di ruang ICU Anak.

Baca Juga: Kota Kendari Jadi Penderita DBD Tertinggi se-Sulawesi Tenggara, Capai 195 Kasus

“Tetapi hanya bisa bertahan beberapa jam, karena dia (pasien DBD) masuk dalam kondisi sudah shock syndrome,” ujar Hasmudin saat ditemui di Rumah Sakit Bahteramas, Selasa (16/1/2024).

Rumah Sakit Bahteramas sendiri telah menangani 64 pasien DBD sejak 1 Januari 2024 hingga 16 Januari 2024. Namun, tersisa 39 pasien yang masih dalam perawatan.

Baca Juga: Penderita DBD di Sulawesi Tenggara Naik Signifikan Capai 333 Kasus

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, Usnia mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh dinkes kabupaten/kota untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap lonjakan kasus DBD.

“Di Kota Kendari kami sudah membagi tugas dengan melibatkan Dinkes Sultra, Kota Kendari dan KKP dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan DBD dengan melaksanakan fooging,” kata Usnia. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga