Balon Wali Kota Baubau Yulia Rahman Unggul di Survei Media Track dan Strategi

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Minggu, 11 Agustus 2024
0 dilihat
Balon Wali Kota Baubau Yulia Rahman Unggul di Survei Media Track dan Strategi
Direktur Lembaga Survei Media Track Strategi Wimbo saat mempresentasikan hasil survei Pilwali Baubau periode 2024-2029.Foto: Ist.

" Lembaga Survei Media Track dan Strategi merilis hasil survei bakal calon (balon) untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau periode 2024-2029. Hasil survei menempatkan Yulia Rahman Umar Samiun unggul dari berbagai hal dari balon lainnya "

BAUBAU, TELISIK.ID - Lembaga Survei Media Track dan Strategi merilis hasil survei bakal calon (balon) untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau periode 2024-2029. Hasil survei menempatkan Yulia Rahman Umar Samiun unggul dari berbagai hal dari balon lainnya.

Dua balon Wali Kota Baubau pesaing terdekat yang diungguli oleh Yulia Rahman alias Lia Umar Samiun adalah Yusran Fahim dan Laode Mustari, meski ketiganya mendapat respon positif dari warga.

Survei yang dilakukan pada 1-6 Agustus 2024 lalu ini menggunakan metode multystage stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 440 pemilik hak suara.

Direktur Lembaga Survei Media Track dan Strategi, Wimbo Widianto, memaparkan bahwa Lia Umar Samiun salah satunya unggul di uji dukungan balon.

Lia Umar Samiun meraih nilai sebesar 15,7 persen dan unggul dibanding La Ode Mustari yang memperoleh 13,9 persen dan Yusran Fahim 13,0 persen. Sementara balon lainnya La Ode Ahmad Monianse meraih 12,3 persen dan Ari Rahardja 4,3 persen.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Selatan Parinringi Pastikan Harga Sembako Stabil di Pasar Rakyat Bandar Batauga

Hasil uji dukungan elektabilitas sejumlah nama calon Wali Kota Baubau juga masih menempatkan Lia Umar Samiun di posisi teratas dengan 21,6 persen. Kemudian Mustari 20,5 persen, Yusran Fahim 16,5 persen, Monianse 15,9 persen, dan Ari 7,7 persen.

Lia Umar Samiun memiliki nilai tinggi dari sejumlah aspek seperti ikut pilihan orang lain (keluarga, teman, atasan, tokoh masyarakat), dan intensitas/tingkat seringnya tampil di publik (pertemuan, berita, iklan).

“Isu yang diangkat (oleh Lia Umar Samiun) bisa menjawab persoalan di Kota Baubau saat ini, kemampuan dalam memecahkan masalah, kepribadian (sikap jujur, sederhana, dekat dengan rakyat, bersih dari korupsi, tegas dan pintar),” papar Wimbo, Minggu (11/8/2024).

Baca Juga: KPU Buton Selatan Tetapkan 66.008 Pemilih Sementara dan Temukan NIK Ganda

Wimbo menambahkan, dari uji beberapa calon Wali Kota Bau-bau, Lia Umar Samiun tetap tertinggi dengan perolehan 27,5 persen dan unggul dari Mustari yang hanya 26,4 persen, Monianse 19,5 persen, serta Ari Rahardja 9,3 persen.

Menurut Wimbo, ada aspek-aspek yang berpengaruh terhadap dukungan calon. Aspek yang dimaksud diantaranya para responden setuju bila Wali Kota Baubau mendatang bukan berasal dari Kota Baubau atau putra daerah dengan persentase 55,5 persen.

Sementara itu, koresponden yang setuju jika Wali Kota Baubau berasal dari suku yang berbeda yakni sebesar 68,4 persen.

Survei ini juga memaparkan bila Pilkada Baubau hanya satu pasangan calon responden yang menunjukan angka kurang suka adalah 31,6 persen, sedangkan angka tidak suka sama sekali sebesar 30,5 persen.

“Survei juga menunjukan bila calon wali kota melalui jalur indepen tidak akan memengaruhi angka partisipasi pemilih sebesar 69,8 persen,” kata Wimbo. (C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga