Bangun Ekosistem Pers yang Baik, Organisasi Wartawan Gencarkan UKW

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 10 Februari 2022
0 dilihat
Bangun Ekosistem Pers yang Baik, Organisasi Wartawan Gencarkan UKW
Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara, Drs. H. Akhmad Munir saat memberikan sambutan dalam UKW di Kendari. Foto: Fitrah/Telisik

" UKW dibuka Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara, Drs. H. Akhmad Munir, turut dihadiri Hendry Ch Bangun, Wakil Ketua Dewan Pers "

KENDARI, TELISIK.ID - Belasan wartawan dari berbagai media di Sulawesi Tenggara (Sultra), mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) di salah satu hotel di Kendari, Kamis (10/2/2022).

UKW yang diadakan Perum LKBN Antara kali ini diadakan selama dua hari, sejak hari ini hingga besok, Jumat (11/2/2022).

Dalam kegiatan yang dibuka Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara, Drs. H. Akhmad Munir tersebut, turut dihadiri Hendry Ch Bangun, Wakil Ketua Dewan Pers.

Pada UKW kali ini terdapat tiga jenjang yang diujikan, yakni jenjang muda, jenjang madya, dan jenjang utama.

Menurut Hendry, tujuan dari diadakannya UKW ini di antaranya meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers.

Kemudian menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual.

"Juga untuk menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan, dan menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers," ujarnya.

Baca Juga: Video Cekcok Kepala Bapenda dan Kadis Kominfo Sultra pada Puncak HPN Viral

Sementara itu, Akhmad Munir mengatakan, pers ini terdistorsi besar karena banyak tumbuh media dan wartawan baru yang abal-abal, sehingga media dan wartawan itu tidak menjalankan profesi wartawannya dengan profesional.

Oleh karena itu, kata dia, Dewan Pers dan insan pers berusaha keras untuk membangun ekosistem yang baik.

Jadi UKW ini, tambah dia, dalam rangka membangun ekosistem pers yang baik. Semakin banyak wartawan yang ikut UKW, semakin cepat mendorong ekosistem pers yang baik.

"Makanya kami Antara, PWI, AJI dan sebagainya didorong untuk mengikuti dan mengadakan UKW sehingga anggotanya punya sertifikat UKW," tambahnya.

Melalui UKW ini, Perum LKBN Antara bersama Biro di Kendari membangun ekosistem pers yang menjadi lebih baik.

Baca Juga: KemenkumHam Sultra Hadirkan Konsultasi Pelayanan Publik di HPN 2022

Salah satu peserta UKW, Sumarlin mengatakan, pada UKW kali ini ia mengikuti jenjang madya.

"Kemarin seharian cukup padat karena ikut kegiatan Hari Pers Nasional. Tapi Alhamdulillah hari ini sehat, jadi bisa ikut UKW," katanya. (A)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga