Bangun Infrastruktur Transportasi Pj Bupati Diskusi Bareng Menteri Perhubungan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 26 Juni 2023
0 dilihat
Bangun Infrastruktur Transportasi Pj Bupati Diskusi Bareng Menteri Perhubungan
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi bersama investor asal Korea diskusi bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (tengah) bahas infrastruktur transportasi di Kolaka Utara. Foto: Ist.

" Upaya Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi untuk menghadirkan pabrik peleburan nikel (smelter) di daerah tersebut, seakan tak berhenti "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Upaya Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi untuk menghadirkan pabrik peleburan nikel (smelter) di daerah tersebut, seakan tak berhenti.

Setelah beberapa waktu lalu, ia bersama pemangku kebijakan di Kolaka Utara mengajak langsung para pemilik modal asal China untuk menjajaki potensi sumber daya alam yang terkandung di bumi berjuluk Patowonua itu.

Kali ini, Kadis DPM PTSP Sulawesi Tenggara ini bersama investor asal negeri Korea menemui Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi membahas percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di Kolaka Utara.

Salah satu item penting dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Kementerian Perhubungan, pada Rabu (21/6/2023), yakni percepatan pembangunan bandar udara (Bandara) Kolaka Utara untuk meningkatkan aksebilitas, mobilitas, pertumbuhan ekonomi dan industri.

Baca Juga: Putra Kolaka Utara Ini Wakili Sulawesi Tenggara pada Program Sekolah Staf Presiden 2023

Selain bandara, pembangunan pelabuhan peti kemas dan persiapan pelabuhan industri di Kolaka Utara jadi bagian penting dari rencana pengembangan infrastruktur transportasi yang masuk agenda perbincangan dalam pertemuan itu.

Parinringi yakin, keberadaan pelabuhan peti kemas di Kolaka Utara bakal membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, sekaligus mendorong daerah penghasi ore nikel terbesar kedua di Sulawesi Tenggara ini

menjadi pusat perdagangan yang lebih berkembang.

"Kami berharap pelabuhan peti kemas ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, membuka lapangan kerja baru, dan meningkatkan daya saing bisnis daerah," ujarnya, Senin (26/6/2023).

Sementara itu kata dia, kehadiran pelabuhan industri yang terintegrasi dengan baik dapat memenuhi kebutuhan sektor industri yang berkembang pesat di Kolaka Utara. Pembangunan infrastruktur transportasi ini tidak hanya membuka peluang baru disektor perdagangan dan industri, namun juga sektor pariwisata.

"Kami merasa sangat bersyukur dan terhormat atas kesempatan yang diberikan pada kami untuk bertemu dan berdiskusi dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi," ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada para investor Korea yang turut hadir dalam diskusi, dan menunjukkan minat serta kepercayaan mereka terhadap potensi pembangunan di wilayah Kolaka Utara khususnya industri smelter.

Pertemuan ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat hubungan, serta membuka peluang baru untuk kerjasama di sektor infrastruktur transportasi dan investasi di Kolaka Utara.

"Ini wujud nyata kolaborasi antara pemerintah daerah, Pemerintah Pusat, dan investor asing untuk mendorong pembangunan infrastruktur yang akan mengangkat daya saing dan kesejahteraan masyarakat Kolaka Utara," pungkasnya.

Terpisah, Asisten I Setda Kolaka Utara, Muchlis Bahtiar menyampaikan, upaya pemda membangun infrastruktur transportasi khususnya bandara sudah maksimal.

Bahkan, sejak masa pemerintahan Nur Rahman Umar, hingga kini pemda terus membangun komunikasi dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan, agar bangunan bandara yang terletak di Kecamatan Kodeoha segera rampung.

Baca Juga: Kolaka Utara Yakin Stunting Turun 14 Persen di 2024

"Pembangunan infrastruktur bandara Kolaka Utara telah masuk dalam RPJMN karena itu masanya sampai pada tahun 2024 mendatang," tukasnya.

Muchlis juga menyampaikan, jika kewenangan pemda telah kelar dengan digelontorkannya anggaran puluhan miliar untuk pembebasan lahan, pembangunan talud, dan penimbunan. Sekarang kewenangan berada di tangan Pemerintah Pusat.

"Selain pemerintah daerah, kita berharap pula anggota legislatif pusat asal Sulawesi Tenggara dapat membantu memperjuangkan pembangunan bandara Kolaka Utara ini," pungkasnya. (B-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga