Putra Kolaka Utara Ini Wakili Sulawesi Tenggara pada Program Sekolah Staf Presiden 2023

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Minggu, 25 Juni 2023
0 dilihat
Putra Kolaka Utara Ini Wakili Sulawesi Tenggara pada Program Sekolah Staf Presiden 2023
SSP merupakan program kepemudaan yang diselenggarakan oleh Kantor Staf Presiden dan didukung oleh Pertamina, untuk mencari pemuda/i Indonesia calon negarawan masa depan. Foto: Ist.

" Menjadi satu-satunya perwakilan Sulawesi Tenggara, asal Kolaka Utara, Muhamad Khaerul Rijal lulus dalam seleksi program Sekolah Staf Presiden (SSP) angkatan kedua tahun 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjadi satu-satunya perwakilan Sulawesi Tenggara, asal Kolaka Utara, Muhamad Khaerul Rijal lulus dalam seleksi program Sekolah Staf Presiden (SSP) angkatan kedua tahun 2023.

Sekolah Staf Presiden, merupakan program kepemudaan yang diselenggarakan oleh Kantor Staf Presiden dan didukung oleh Pertamina untuk mencari pemuda/i Indonesia calon negarawan masa depan.

Pendaftar SSP 2023 mencapai 66.239 dari seluruh Indonesia di tahap seleksi administrasi. Pada seleksi administrasi, peserta diminta mengirim resume dan juga menulis esai dengan tema permasalahan negara Indonesia.

Baca Juga: DPW PPP Sulawesi Tenggara Bagi Sapi Kurban ke Seluruh DPC, Warga juga Kebagian

Pada seleksi ini, Muhammad khaerul Rijal mengangkat pemberdayaan UMKM di Kolaka Utara. Setelah tahap administrasi kemudian dikerucutkan menjadi 100 besar, kemudian 100 besar diwawancarai sebagai seleksi tahap akhir.

Khaerul menjelaskan, tim yang mewawancarai peserta adalah dari staf ahli Presiden dan juga akademisi. Setelah melewati semua tahap, ia dinyatakan lulus untuk mengikuti program SSP mewakili Sulawesi Tenggara.

“Jujur ya, dari semua kegiatan nasional dan internasional yang pernah saya lewati, SSP ini yang paling greget. Karena, baru SSP ini yang seleksinya pakai wawancara dulu, dan diwawancara itu kita langsung berhadapan dengan staf ahli dan akademisi dari kampus-kampus top Indonesia,” ujarnya.

Ia mengatakan, mental dan wawasan sangat perlu disiapkan dalam menghadapi seleksi untuk menjadi bagian SSP ini, sehingga ia berharap untuk anak-anak muda Sulawesi Tenggara untuk keluar dari zona nyaman. Jangan terlena dengan kemageran.

Baca Juga: Sensasi Makan Mie di Warmindo Marimie

“Kemudian nanti saya akan diundang untuk mengikuti serangkaian kegiatan selama 14 hari di istana negara, mulai 2 hingga 15 Juli 2023,” tambahnya.

Sejumlah kerabatnya pun mengaku kagum pada Khaerul atas pencapaiannya. Hal itu terbukti dengan banyaknya dukungan di sosial media, ketika Khaerul mempostingnya di Instagram pribadi miliknya.

“Waduh keceh banget Duta Asean kita bentar lagi jadi staff muda presiden nih,” tulis putrimeltaa pada kolom Instagram milik Khaerul. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga