Banjir di Madina Ditemukan Potongan Kayu, Polisi Selidiki Dugaan Ilegal Logging

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 21 Desember 2021
0 dilihat
Banjir di Madina Ditemukan Potongan Kayu, Polisi Selidiki Dugaan Ilegal Logging
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Didugaan ada penebangan maupun galian ilegal pasca terjadinya banjir di Mandailing Natal (Madina) "

MEDAN, TELISIK.ID - Tim dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut sedang melakukan penyelidikan terkait dugaan adanya penebangan maupun galian ilegal.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi. Menurutnya, dugaan adanya penebangan maupun galian ilegal itu diketahui pasca terjadinya banjir di Mandailing Natal (Madina).

"Polisi akan turun tangan dan mengambil tindakan hukum soal indikasi perusakan hutan dan tambang ilegal di Madina. Jika ada indikasi maka akan diberikan tindakan tegas," kata Hadi ketika dikonfirmasi awak media, Selasa (21/12/2021).

Itu dilakukan pihak Polda Sumut dikarenakan banyaknya potongan batang kayu bersamaan dengan air yang datang.

Baca Juga: Madina Banjir, Ratusan Rumah Terendam

"Jadi, ditemukan potongan kayu. Atas itulah dilakukan penyelidikan, apakah ada praktek penebangan pohon secara ilegal (ilegal logging) atau tidak. Jadi akan kami selidiki," tuturnya.

Menurut Hadi, saat ini kondisi air di Madina sudah mulai surut. Tidak seperti sebelumnya bisa mencapai lutut orang dewasa.

"Tim dari Polda Sumut dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) masih terus menyalurkan bantuan dan ada juga membuat dapur umum untuk masyarakat," terangnya.

Baca Juga: Pasca Banjir, Air Bersih 49 Rumah Warga di Bombana Terputus

Sebagaimana diketahui, hujan lebat yang terjadi di Provinsi Sumatera Utara tepatnya 18 - 19 Desember 2021 kemarin, mengakibatkan banjir di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Dari banjir tersebut ada ratusan rumah di 16 Kecamatan yang terendam air.

Adapun daerah yang terkena bencana banjir diantaranya adalah Kecamatan Panyabungan, Kecamatan Panyabungan Timur, Kecamatan Panyabungan Barat, Kecamatan Panyabungan Selatan.

Kemudian Kecamatan Hutabargot, Kecamatan Siabu, Kecamatan Batangnatal, Kecamatan Linggabayu, Kecamatan Rantobaek dan Kecamatan Sinunukan. (C)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga