Madina Banjir, Ratusan Rumah Terendam

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 20 Desember 2021
0 dilihat
Madina Banjir, Ratusan Rumah Terendam
Tim gabungan ketika melakukan evakuasi terhadap korban banjir di Kabupaten Mandailing Natal. Foto: Humas Polres Madina

" Banjir di Kabupaten Mandailing Natal (Madina mengakibatkan ratusan rumah di 16 Kecamatan terendam air "

MEDAN, TELISIK.ID - Hujan lebat yang terjadi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengakibatkan banjir di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Ada ratusan rumah di 16 Kecamatan yang terendam air.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengakui adanya bencana alam banjir yang terjadi di Kabupaten Madina.

"Sampai saat ini, ada 16 daerah atau kecamatan yang ada di Kabupaten Madina yang mengalami banjir. Tim sedang melakukan evakuasi warga yang berada di lokasi," kata Hadi, kepada awak media, Senin (20/12/2021).

Menurutnya, banjir itu kemungkinan karena disebabkan curah hujan yang tinggi dan bahkan sampai berhari-hari, tepatnya pada 18 - 19 Desember 2021 lalu.

"TNI dan Polri serta pemerintah daerah setempat sudah berada di lokasi, tim gabungan sudah mengirim bantuan. Tim akan selalu berkordinasi untuk memberikan pelayanan dan bantuan kepada korban banjir," ungkapnya.

Baca Juga: Diduga Mengantuk, Truk Enam Roda Terguling di Tepi Jalan

Kapolres Madina, AKBP Horas Tua Silalahi ketika dikonfirmasi mengaku sudah terjun langsung ke lokasi, untuk membantu atau mengevakuasi warga ditempat yang terkena dampak banjir. Seperti di Desa Kampung Baru dan Kelurahan Simpanggambir yang berada di Kecamatan Linggabayu.

Saat ini Polres Madina dan Forkopimda sudah melakukan berbagai upaya. Ada beberapa kendala yang menghambat bantuan untuk evakuasi, seperti jalan longsor yang menghambat perjalanan, daerah yang masih tegenang air, desa-desa terisolir khususnya daerah Pantai Barat sehingga tidak terjangkau.

"Namun kami terus berupaya dan meminta doa kepada seluruh masyarakat agar upaya yang kita lakukan dimudahkan oleh Allah SWT," katanya kepada awak media.

Baca Juga: Rp 1,8 Triliun APBN Mengalir ke Muna dan Mubar

Selain itu, tim gabungan juga telah membuat dapur umum di Kelurahan  Simpanggambir dan Desa Kampung Baru Kecamatan Lingga Bayu, untuk memudahkan masyarakat yang terdampak banjir.

"Saat ini Polres Madina bersama dengan Forkopimda Kabupaten Madina telah membentuk tim Satgas tanggap darurat bencana, sehingga peran serta segala elemen ikut serta dalam penanggulan bencana ini," terangnya.

Adapun daerah yang terkena bencana banjir diantaranya adalah Kecamatan Panyabungan, Kecamatan Panyabungan Timur, Kecamatan Panyabungan Barat, Kecamatan Panyabungan Selatan.

Kemudian Kecamatan Hutabargot, Kecamatan Siabu, Kecamatan Batangnatal, Kecamatan Linggabayu, Kecamatan Rantobaek dan Kecamatan Sinunukan. (C)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga