Bantu Masyarakat dan PKL, Pemprov Jatim Distribusi 3.500 Ton Minyak Goreng

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 04 Maret 2022
0 dilihat
Bantu Masyarakat dan PKL, Pemprov Jatim Distribusi 3.500 Ton Minyak Goreng
Gubernur Khofifah berharap kebutuhan minyak goreng bagi masyarakat Jawa Timur akan tercukupi dan terpenuhi. Foto: Ist.

" Langkah ini dilakukan guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan minyak goreng, sekaligus menstabilkan harga minyak goreng "

SURABAYA, TELISIK.ID - 17 daerah di Jatim digelontor 3.500 ton minyak goreng yang diperuntukkan bagi para pedagang pasar tradisional, sebagai cara untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng.

Selanjutnya para pedagang diharuskan menjual langsung minyak goreng kepada konsumen sesuai harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng dengan kemasan premium  yaitu Rp 14.000 per liter.

Langkah ini dilakukan guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan minyak goreng, sekaligus menstabilkan harga komoditas tersebut.

Adapun 17 kabupaten/kota ini di antaranya, untuk jenis minyak goreng premium Lentera didistribusikan ke Kabupaten Tulungagung, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Bondowoso, Jombang, Nganjuk, Bojonegoro, Ngawi, Madiun, Ponorogo dan Kota Probolinggo.

Sedangkan, minyak goreng jenis Rakyat akan didistribusikan di Kabupaten Tuban, Kediri, Lamongan, Pacitan dan Trenggalek.

Baca Juga: Atasi Minyak Goreng Langka dan Mahal, Disperindag Konawe Bakal Gelar Pasar Murah

"Pemprov Jatim tidak berhenti berupaya untuk mengkordinasikan, mensinergikan  untuk  mengatasi kelangkaan minyak goreng. Semoga ikhtiar ini dapat membantu masyarakat, pedagang kaki lima, tukang gorengan, warteg, catering, ibu rumah tangga, dan lain-lain," ungkap Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (4/3/2022).

Khofifah mengatakan, Pemprov Jatim secara bertahap akan mendistribusikan minyak goreng ke 38 kabupaten/kota di Jatim. Jadi, lanjutnya, di tahap satu ini diberangkatkan ke 17 kabupaten/kota.

Baca Juga: Antre Minyak Goreng Murah, Ratusan Warga Kota Kendari Padati Kantor Bulog Sultra

"Insya Allah, hari ini Jumat  akan dilakukan pengiriman minyak goreng tahap kedua untuk 21 kabupaten/kota lainnya," ujarnya.

Menurut Khofifah, dengan terpenuhinya kebutuhan minyak goreng, akan membangun ketenangan, rasa aman terhadap seluruh pedagang maupun masyarakat. Sehingga, akan memberikan penguatan semua pihak utamanya pedagang kaki lima, para penjual gorengan, pengusaha katering, hingga ibu rumah tangga dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari.

"Bagi kita semua membangun ketenangan dan rasa aman menjadi penting. Jadi, kami sampaikan lagi insya Allah kebutuhan minyak goreng bagi masyarakat Jawa Timur akan tercukupi dan terpenuhi," pungkasnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga