Banyak Daerah Turun Level, Kasus Harian COVID-19 di Jatim Menurun Drastis

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 29 September 2021
0 dilihat
Banyak Daerah Turun Level, Kasus Harian COVID-19 di Jatim Menurun Drastis
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Foto: Ist.

" Terjadinya penurunan atau pelandaian BOR yang signifikan ini menjadi kabar baik. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dalam setia harinya, jumlah kasus COVID-19 di Jatim semakin hari semakin menunjukkan penurunan hingga 98 Persen.

“Alhamdulillah, dari data yang dilansir dari rilis harian Kemenkes RI maupun RS Online, jumlah kasus harian kita mengalami penurunan sebanyak 98%. Begitu juga BOR RS terus menurun signifikan. BOR isolasi misalnya terdapat penurunan sebanyak 75% periode 15 Juli-27 September 2021,” ujar Khofifah di Surabaya, Rabu (29/9/2021).

Menurut Khofifah, terjadinya penurunan atau pelandaian BOR yang signifikan ini menjadi kabar baik. Apalagi di Jatim penurunan tak hanya BOR Isolasi, tetapi juga ICU dan RS Lapangan. Sebagaimana diketahui sesuai standar dari WHO (organisasi kesehatan dunia) itu BOR minimal 60%.

“Meski BOR kita berada di bawah standar yang ditetapkan WHO, namun saya mohon tetap waspada dan diikuti dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) serta percepatan vaksinasi,” pintanya.

Baca juga: Rumah dan Sawah Milik Warga di Koltim Rusak Akibat Banjir

Baca juga: Akibat Gelombang Tinggi Dua Meter, Nelayan Tak Berani Melaut

Mantan Mensos ini memaparkan, jumlah kabupaten/kota di Jatim yang masuk level 1 bertambah menjadi 28 daerah. Hasil ini diperoleh berdasarkan hasil assesment situasi COVID-19 dari Kemenkes RI per 26 September 2021 yang dirilis 27 September 2021.

Sekedar diketahui, assesment yang dilakukan Kemenkes RI tersebut berdasarkan atas hasil 6 parameter yaitu kasus konfirmasi, rawat inap RS, kematian, testing, tracing dan treatment yang dilakukan secara masif dan terukur sehingga menghasilkan predikat memadai.

Adapun 28 kabupaten/kota yang masuk level 1 antara lain Kabupaten Tuban, Sumenep, Situbondo, Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kabupaten Sampang, Ponorogo, Pasuruan, Pamekasan, Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, Lumajang, Lamongan, Kota Surabaya, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kabupaten Kediri, Jombang, Jember, Gresik, Bondowoso, Bojonegoro, Blitar, dan Banyuwangi.

Sementara untuk daerah di Jatim yang berada pada level 2 yaitu sebanyak 10 kabupaten/kota. Di antaranya, Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, Probolinggo, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Kota Probolinggo, Kota Malang, Kota Madiun, dan Bangkalan. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga