Banyak SPBU Tutup, Warga Kendari Keluhkan Sulit Dapatkan BBM

Andi May, telisik indonesia
Senin, 11 Oktober 2021
0 dilihat
Banyak SPBU Tutup, Warga Kendari Keluhkan Sulit Dapatkan BBM
SPBU THR Kota Kendari yang tidak beroperasi. Foto: Andi May/Telisik

" Saras (25), pelanggan SPBU di Kota Kendari lainnya juga mengatakan, SPBU yang beroperasi hari ini hanya SPBU Tapak kuda "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga keluhkan langkanya Bahan Bakar Minyak (BBM) akibat tutupnya beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Kendari, Minggu (10/10/2021).

Hal itu dikeluhkan oleh Anas (20) salah satu pelanggan SPBU yang hendak mengisi bahan bakar kendarannya. Ia mengatakan, beberapa SPBU di Kota Kendari tidak beroperasi sehari penuh.

"Saya rencananya akan mengisi bahan bakar, biasanya sy ke SPBU THR tapi sedang tutup, lalu saya ke SPBU Saranani juga sama tutup, saya ke SPBU Raden Soeprapto juga sama, akhirnya saya memilih mengisi bensin botolan," keluh Anas.

Saras (25), pelanggan SPBU di Kota Kendari lainnya juga mengatakan, SPBU yang beroperasi hari ini hanya SPBU Tapak kuda.

"SPBU yang terbuka hari ini cuma SPBU Tapak Kuda, namun karena beberapa SPBU di Kota Kendari tutup mengakibatkan antrian yang sangat panjang di SPBU itu," ucap Saras.

Menanggapi hal tersebut, Humas Pertamina Sulawesi, Taufiq Kurniawan mengatakan, untuk wilayah Kota Kendari, SPBU Teratai dan Tapak Kuda masih beroperasi untuk hari ini.

Baca Juga: Bukan Lagi Police Line, Pemkot Kendari Harus Berani Tegasi Tambang Pasir di Nambo

Baca Juga: Tahun 2021 Ali Mazi Kehilangan Dua Sosok di Balik Kesuksesannya

"Untuk informasi yang saya dapat sementara, adanya peningkatan konsumsi bahan bakar oleh masyarakat, terutama bahan bakar jenis pertamax dan solar. Hal itu yang menyebabkan beberapa SPBU harus melakukan penghematan untuk beberapa hari kemudian," ujar Taufiq saat dihubungi Telisik.id, Minggu (10/10/2021).

Selain itu, Taufiq juga mengatakan, Pertamina memiliki alat ukur stok bahan bakar di setiap SPBU. Sementara, yang menyebabkan beberapa SPBU di Kota Kendari tutup karena bahan bakar masih dalam pengiriman.

"Untuk stok bahan bakar jenis pertamax turbo, solar maupun pertalite masih aman untuk beberapa hari kemudian, namun ada juga bahan bakar yang masih dalam proses pengiriman. Hal itu juga yang bisa menyebabkan beberapa SPBU di Kota Kendari tidak beroperasi hari ini," jelas Taufiq.

Meskipun begitu, Taufiq menginformasikan SPBU yang sempat tutup hari ini akan beroperasi kembali pada esok hari. (A)

Reporter: Andi May

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga