Minggu ke 2 PTM, Ini Kendala yang Dihadapi Sekolah

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Rabu, 15 September 2021
0 dilihat
Minggu ke 2 PTM, Ini Kendala yang Dihadapi Sekolah
Suasana kelas di SMP Negeri 6 Kendari saat melaksanakan PTM. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Setelah evaluasi akan dilakukan perbaikan dan pada minggu kedua sudah mendapatkan laporan bahwa PTM sudah berjalan dengan baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Dikmudora) Kendari, Makmur mengaku pihaknya telah melakukan evaluasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Makmur mengatakan, ada beberapa kendala yang ditemukan pada PTM, yakni pengaturan jadwal yang belum dilakukan oleh pihak sekolah sehingga terjadi miskomunikasi dalam pengaturan siswa.

"Siswa yang dibagi 50 persen, kadang gurunya tidak siap, siswanya sudah ada. Tapi di hari ketiga itu sudah berjalan normal, hanya di hari pertama dan ke dua yang memang kondisinya masih mencari pembentukannya," kata Makmur, Rabu (15/9/2021).

Makmur menambahkan, setelah evaluasi akan dilakukan perbaikan dan pada minggu kedua sudah mendapatkan laporan bahwa PTM sudah berjalan dengan baik.

Baca Juga: Asyik, Pelajar di Kendari Kini Bisa Akses Perpustakaan Digital

Baca Juga: Dua Remaja Curi Kotak Infaq Masjid untuk Main Game Online

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 6 Kendari, Zamli mengatakan, dari pihak guru sendiri mengalami kendala dari segi waktu yang masih terbatas.

Menurut dia, guru harus menyesuaikan waktu yang tersedia dengan materi yang ada. Tidak semua materi dalam kurikulum bisa diajarkan akibat keterbatasan waktu.

"Faktor waktu menjadi salah satu kendala, sehingga ada beberapa yang harus mereka sesuaikan. Materi esensial harus difokuskan dan materi yang dianggap bisa dikuasai peserta didik dengan penugasan, cukup diberikan penugasan saja," ungkap Zamli. (B)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga