Baubau Genjot Pembuatan E-KTP Jelang Pemilu 2024

Elfinasari, telisik indonesia
Senin, 16 Oktober 2023
0 dilihat
Baubau Genjot Pembuatan E-KTP Jelang Pemilu 2024
Pj Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi saat memberikan E-KTP kepada pelajar di SMAN 1 Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Jelang pemilu yang akan berlangsung 14 Februari 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau gencar mempercepat proses pembuatan E-KTP bagi warga, terutama para pemilih pemula di sekolah "

BAUBAU, TELISIK.ID - Jelang pemilu yang akan berlangsung 14 Februari 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau gencar mempercepat proses pembuatan E-KTP bagi warga, terutama para pemilih pemula di sekolah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi, menyampaikan dua fokus utama dalam percepatan pembuatan E-KTP tetsebut.

Pertama, Rasman Manafi mengapresiasi strategi Dukcapil Sulawesi Tenggara yang proaktif menjemput bola dengan merekam data KTP langsung di sekolah-sekolah di Kota Baubau. Dari total DP4 siswa sebanyak 2.479 orang, baru 705 yang telah merekam. Terdapat 1.774 siswa yang perlu selesai perekaman tahun ini.

Baca Juga: Berdayakan UMKM Melalui Baubau Ekspo di HUT ke-482

"Saya berharap apa yang telah dilakukan di SMAN 1 Baubau segera dipercepat. Kalau perlu, selesai pada akhir Oktober," ujarnya saat membuka sambutan di SMAN 1 Baubau, Senin (16/10/2023).

Kedua, fungsi KTP tidak hanya penting untuk pemilu tetapi juga esensial untuk pembangunan Baubau, terutama dalam penelusuran dan identifikasi penduduk. KTP menjadi fondasi penting dalam transisi Baubau menuju smart city.

Kadis Dukcapil Provinsi Sulawesi Tenggara, Muhammad Fadlansyah menjelaskan, salah satu program unggulan Dukcapil adalah penyelesaian perekaman E-KTP, terutama mengingat 2024 adalah tahun politik. Dari total 1.807.318 jiwa pemilih di Sulawesi Tenggara, 95,19% telah melakukan perekaman E-KTP dan masih ada 91.318 jiwa yang perlu menyelesaikan proses ini.

Khusus Dapodik sebanyak 74.376 jiwa, 41.075 jiwa sudah melakukan perekaman, tetapi secara keseluruhan sudah masuk data pemilih.

"Kami berharap agar pihak sekolah memberikan dukungan penuh untuk memastikan siswa memiliki KTP, dengan harapan meningkatkan persentase pemilih di pemilihan 2024 mendatang," harapnya.

Baca Juga: UMKM Raup Untung saat Karnaval Budaya Haroana Baubau

Kadis Dukcapil Baubau, Arif Basaru berharap, ada motivasi dari seluruh sekolah, terutama bagi siswa usia 17 tahun, untuk segera melakukan perekaman E-KTP.

"Ini penting agar mereka dapat menggunakan hak suaranya pada pemilihan mendatang," ucapnya.

Dengan mempercepat pembuatan E-KTP, Baubau berharap seluruh penduduk yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilihnya tanpa hambatan. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga