Bawaslu Sulawesi Tenggara Ajak Media Ikut Kawal Tahapan Pilkada

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 25 September 2024
0 dilihat
Bawaslu Sulawesi Tenggara Ajak Media Ikut Kawal Tahapan Pilkada
Kegiatan rapat konsolidasi Bawaslu Sulawesi Tenggara bersama media, dalam rangka pemilihan serentak tahun 2024. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara mengajak media massa untuk berperan aktif dalam mengawal tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara mengajak media massa untuk berperan aktif dalam mengawal tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024.

Ajakan tersebut disampaikan Bawaslu dalam rapat koordinasi stakeholder konsolidasi media yang diadakan di Swissbell Hotel Kendari, Rabu (25/9/2024).

Heri Iskandar, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sultra, menekankan pentingnya kolaborasi antara pengawas pemilu dan media selama masa kampanye.

Baca Juga: Alumni UHO Kendari Ciptakan Peluang Bisnis Kebun Produktif dan Wisata

Ia berharap sinergi ini dapat membantu menangkal isu SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) dan hoaks, yang menurutnya sangat berbahaya dan dapat merusak tatanan sosial masyarakat.

“Jika pelanggaran netralitas ASN dan praktik politik uang sudah ditindak, masalah tersebut bisa selesai. Namun, isu SARA dan hoaks dapat meninggalkan bekas yang lama dan bertahan hingga bertahun-tahun,” kata Heri.

Harapan yang sama disampaikan oleh Bahari, Koordinator Divisi Pencegahan Bawaslu Sultra. Dia berharap media massa dapat memberikan informasi yang produktif selama pemilihan.

Baca Juga: Kenang 5 Tahun Kematian Randi dan Yusuf: Mahasiswa UHO Kendari Minta Didirikan Monumen

Bahari meminta agar media massa juga edukatif terkait larangan money politics (politik uang) dan netralitas aparatur negara dalam pemilihan.

“Media memiliki peran vital dalam menyampaikan pesan mengenai pengawasan pemilu. Kami berharap, melalui konsolidasi ini, Bawaslu dapat bekerja sama dengan media untuk membentuk persepsi yang tepat di masyarakat mengenai pengawasan pilkada,” harapnya.

Kegiatan konsolidasi tersebut diakhiri dengan sesi media gathering, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan antara Bawaslu dan media massa dalam mempersiapkan pilkada yang demokratis dan transparan. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga