Bebas dari Tahanan, Umar Samiun Enggan Bersentuhan dengan Politik

Deni Djohan, telisik indonesia
Kamis, 23 Januari 2020
0 dilihat
Bebas dari Tahanan, Umar Samiun Enggan Bersentuhan dengan Politik
Mantan Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun. Foto: Istimewa

" Tiga tahun bukan waktu yang singkat. Kerinduan Bapak juga terhadap daerah sangat besar. Setiap ada kunjungan, yang selalu ditanyakan bagaimana keadaan daerah selama beliau tidak berada di Buton. "

BUTON, TELISIK.ID - Kerinduan Umar Samsu Abdul Samiun terhadap kampung halaman tak bisa ditahan. Mantan Bupati Buton itu mengaku akan menghabiskan waktu bersama keluarga dan masyarakat Buton saat tiba di kampung halaman pada 30 Januari 2020 mendatang.

Baca Juga: Mahasiswa Kendari Tewas di Tangan Begal

Kerinduan ini diketahui melalui anak Umar Samiun (sapaan akrab Samsu Umar Abdul Samiun), Odianov Chaliullah Almondo. Kata dia, perasaan sang bapak tentunya sangat senang dan bahagia di hari-hari terakhirnya di Lapas Sukamiskin Bandung.

"Tiga tahun bukan waktu yang singkat. Kerinduan Bapak juga terhadap daerah sangat besar. Setiap ada kunjungan, yang selalu ditanyakan bagaimana keadaan daerah selama beliau tidak berada di Buton," ungkap Almodo sapaan akrab Odianov Chaliullah Almondo dalam siaran persnya, Rabu (22/01/2020).

Kata dia, ayahnya juga mengucapkan terima kasih kepada Mahkamah Agung (MA) yang sudah menerima permohonan PK-nya dan diputuskan pada 12 Desember 2019 lalu. Artinya, dalam putusan Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat terbukti ada kekeliruan dalam pengambilan keputusan.

"Untuk rencana ke depan, Bapak masih ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan berkumpul bersama masyarakat dengan berkunjung ke desa-desa untuk mengganti waktu 3 tahun yang terbuang kemarin, sekaligus mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya karena pada pilkada Buton tahun 2017 kemarin masih dipercaya oleh masyarakat," tambahnya.

Yang paling penting, lanjutnya, Umar Samiun belum mau bersentuhan dengan politik pasca keluar nanti. Ia akan fokus menghabiskan waktu dengan refreshing dan memancing. Kebetulan salah satu hobi Umar Samiun adalah memancing.

Pada kesempatan itu, ia juga tak lupa mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada kerabat dan masyarakat yang sempat membesuknya selama berada di Sukamiskin.

Reporter: Deni Djohan
Editor: Rani

Baca Juga