Begini Wujud Anggrek Sorume, Bahan Baku Kain Tenun Kolaka Timur yang Bakal Dipromosi Ivan Gunawan

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Minggu, 14 Mei 2023
0 dilihat
Begini Wujud Anggrek Sorume, Bahan Baku Kain Tenun Kolaka Timur yang Bakal Dipromosi Ivan Gunawan
Anggrek Sorume Kuning yang belum mekar, salah satu jenis Anggrek Sorume yang dipamerkan di pameran pembangunan HUT ke-59 Sulawesi Tenggara. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Tenun Sorume jadi kain ikonik khas Kolaka Timur yang bahan bakunya berasal dari bunga Anggrek Sorume dan akan dipromosikan oleh Ivan Gunawan malam ini "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Kain Tenun Sorume jadi kain ikonik khas Kolaka Timur yang bahan bakunya berasal dari bunga Anggrek Sorume dan akan dipromosikan oleh Ivan Gunawan malam ini, Minggu (14/5/2023).

Bunga Anggrek Sorume sendiri merupakan bunga khas Kolaka Timur yang konon hanya tumbuh di pegunungan Kolaka Timur, seperti yang disampaikan oleh Ricky, salah satu penjaga stand pameran, edukasi bonsai dan bunga sorume.

Berdasarkan pernyataannya, Ricky mengatakan, bunga anggrek tersebut hanya tumbuh di pegunungan Ulu Iwoi dan Mowewe yang merupakan salah dua kecamatan di Kolaka Timur.

Baca Juga: Jalan Rusak Hambat Hasil Produksi Masyarakat Lalembuu Konawe Selatan

"Bunga ini tidak ada di wilayah lain di Sulawesi Tenggara, walau di Konawe, dia cuma tumbuh di Ulu Iwoi atau Mowewe," tuturnya pada Telisik.id sambil memperlihatkan jenis anggrek yang dipamerkan.

Selain habitatnya yang cukup terbatas, bunga ini memiliki mitos tersendiri yaitu apabila sengaja untuk mencari bunga Sorume ini, maka tidak akan mendapatkannya. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ilham Wahid, ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBSI) yang turut membudidayakan bunga anggrek Sorume ini.

"Kata orang tua dulu, kalau kita keluar sengaja cari bunga ini, kita tidak akan dapat," tuturnya.

Ilham juga menambahkan karena jenis bunga itu yang tumbuh di pohon lain, atau dalam bahasa ilmiahnya epifit, tumbuhan itu jadi sulit dibudidaya dan mereka masih mencari cara membudidayakan tanaman tersebut.

Sementara itu, bunga yang seratnya agak keras ini, rupanya banyak yang masih tidak tau bentuk dari bunga, termasuk rakyat Kolaka Timur sendiri yang masih banyak belum pernah melihat tanaman ini secara langsung, salah satunya adalah Ainun.

Baca Juga: DPRD Kolaka Timur Komitmen Tingkatkan Infrastruktur

Ainun yang merupakan warga Kolaka Timur mengaku baru pertama kali melihat bunga Sorume secara langsung di kegiatan pameran pembangunan dalam rangka HUT ke-59 Sulawesi Tenggara.

"Sering dengar saja namanya, Bumi Sorume, Tenun Sorume, baru kali ini lihat begini rupanya bunganya," tuturnya.

Rencananya kain tenun Sorume sendiri akan diperkenalkan oleh Ivan Gunawan bersama dengan model-modelnya, salah satunya adalah Nadia Tjoa, Miss Face of Humanity 2022. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga