Ratusan BPD Konawe Kepulauan Protes Honor Tak Manusiawi

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Selasa, 25 Juli 2023
0 dilihat
Ratusan BPD Konawe Kepulauan Protes Honor Tak Manusiawi
Ratusan anggota BPD menggelar aksi demonstrasi, protes honor yang dianggap tidak sesuai di kantor DPRD Konawe Kepulauan, Senin (25/7/2023). Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Konawe Kepulauan menggelar aksi demonstrasi. Mereka menuntut tunjangan/honor BPD "

LANGARA, TELISIK.ID - Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Konawe Kepulauan menggelar aksi demonstrasi. Mereka menuntut tunjangan/honor BPD.

Aksi tersebut merupakan bentuk luapan kekecewaan atas penetapan besaran tunjangan/honor anggota BPD yang dianggap tak sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan.

Dalam orasinya, Ketua Asosiasi Badan Permusyawaran Desa Kabupaten Konawe Kepulauan, Amir Karim mengatakan, terkait aksi yang dilakukan, sudah merupakan aksi yang ketiga kali, karena tak mendapatkan kejelasan dari Pemda Konawe Kepulauan terkait ketidaksesuaian honor serta dianggap tidak manusiawi.

“Dalam aksi ini kami menuntut agar pihak Pemda Konawe Kepulauan memberikan hak anggota BPD sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya, Selasa (25/7/2023).

Asosiasi BPD berkomitmen serta menyatakan sikap tidak akan melaksanakan fungsional anggota BPD dan menolak menandatangani persetujuan APBDes di tahun 2024.

Baca Juga: Pj Bupati Bombana Ganti Format Pencairan Honor Perangkat Desa

Sementara itu, Jenderal Lapangan, Yayan kepada anggota DPRD Konawe Kepulauan yang hadir, meminta untuk memberikan pernyataan tertulis seperti yang tertera dalam Peraturan Daerah (Perda) Konawe Kepulauan Nomor 1 Tahun 2019 pasal 126 ayat 1 agar dilaksanakan sepenuhnya, terhadap ketidaksesuaian honor yang diterima oleh anggota BPD.

“Kami hanya meminta pernyataan secara tertulis dari pihak DPRD jika memang akan ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku, dan ini akan menjadi pegangan kami untuk kembali menuntut jika nanti tidak diindahkan,” jelasnya.

Baca Juga: Ratusan Anggota BPD Konawe Kepulauan Dilantik Bupati

Menangapi tuntutan tersebut, Wakil Ketua I DPRD Konawe Kepulauan, Imanudin, akan mengeluarkan rekomendasi dan melakukan koordinasi dengan pemda untuk segera menindaklanjuti serta mengeksekusi persoalan yang ada dalam pembahasan perubahan anggaran dan melakukan tindak lanjut secara administrasi.

Imanudin juga menyatakan akan menggaransikan dirinya jika apa yang menjadi tuntutan anggota BPD tidak ditindaklanjuti.

“Sebagai salah satu unsur pimpinan, saya menjaminkan diri saya bahwa persoalan pembahasan perubahan anggaran, kita tidak akan membahas pembahasan anggaran yang lain jika tidak kita tuntaskan persoalan BPD,” tegasnya. (A)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga