Belasan Hektare Kawasan Gunung Bromo Hangus Terbakar

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 11 Oktober 2021
0 dilihat
Belasan Hektare Kawasan Gunung Bromo Hangus Terbakar
Petugas berusaha memadamkan api di kawasan Gunung Bromo. Foto: Repro mongabay.co.id

" Petugas gabungan TNI, Polri, Tim Manggala Agni TNBTS dan BPBD Kabupaten Pasuruan - Probolinggo, segera melakukan pemadaman api "

MALANG, TELISIK.ID - Belasan hektare lahan vegetasi di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, tepatnya di tebing barat laut pasir dilanda kebakaran.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, kebakaran itu terjadi di dua wilayah, yakni Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo.

Dampak kebakaran tidak merembet lebih luas berkat kesigapan petugas memadamkan api.

Berdasar data yang terhimpun, kebakaran menghanguskan sekitar 14 hektare vegetasi di sekitar tebing barat Gunung Bromo. Rinciannya, 10 hektare vegetasi di tebing dengan kemiringan 80 derajat. Serta 4 hektare di bawah puncak pondok kawat.

Titik api pertama kali terdeteksi di kawasan Kabupaten Pasuruan. Kondisi vegetasi yang kering, membuat petugas sempat kesulitan memadamkan titik api yang merambat dengan cepat di tebing.

Petugas gabungan TNI, Polri, Tim Manggala Agni TNBTS dan BPBD Kabupaten Pasuruan - Probolinggo, segera melakukan pemadaman api.

“Melalui pantauan di sistem kami setidaknya ada tiga titik api yang terdeteksi di wilayah taman nasional. Kami segera lakukan koordinasi dengan semua pihak, untuk rencana penanganan selanjutnya,” kata Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Probolinggo, Aries Setiawan, mengutip dari TIMESIndonesia, Senin (11/10/2021).

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, lanjut dia, kebakaran diduga kesengajaan oknum tidak bertanggung jawab.

Kebakaran ini menghanguskan 10 hektare vegetasi di tebing dan empat hektare vegetasi di dasar tebing. Dimana lokasi itu terdapat vegetasi berupa cemara dan rumah bagi aneka burung liar yang hidup di kawasan Bromo.

“Dugaan sementara ini ada faktor kesengajaan. Sampai saat ini masih dalam penyelidikan,” kata Kepala Resort Laut Pasir TNBTS, Subur Hari Handoyo.

Baca Juga: Wow, Ternyata Ikan Tuna di Dunia Berasal dari Lautan Muna

Baca Juga: Dewan Kembali Sorot Pengaspalan Jalan di Kolut

Kondisi di sekitar lereng Bromo saat ini cenderung kering dan berangin sehingga kemunculan titik api atau hot spot bisa saja terjadi lagi.

Petugas mengimbau pada masyarakat untuk tidak buang puntung rokok sembarangan. Karena bisa memicu timbulnya kebakaran lahan.

Jika terjadi kebakaran seperti kemarin, akan berpengaruh pada ekosistem yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini. Baik di wilayah Probolinggo maupun Pasuruan, Lumajang dan Malang.

Untuk diketahui, mengutip daihatsu.co.id, Gunung Bromo termasuk salah satu kawasan wisata dan konservasi di Jawa Timur yang masuk kawasan BTS (Bromo – Tengger – Semeru).

Gunung ini memiliki daya tarik wisata karena bentang alam yang dimiliki. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga