BEM Fisip UHO Tolak Kedatangan TKA China

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 29 April 2020
0 dilihat
BEM Fisip UHO Tolak Kedatangan TKA China
Kedatangan TKA China di jakarta. Foto: era. Muslim.com

" Penolakan ini kami lakukan karena saya menilai bahwa kehadiran TKA sebanyak 500 di Sulawesi Tenggara bertentangan dengan kebijakan pemerintah dalam hal penanganan wabah COVID-19. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, menolak keras Tenaga Kerja Asing (TKA) China yang kedatangannya direncanakan pekan ini.

TKA China yang akan datang tersebut dikabarkan akan bekerja di perusahaan pertambangan yang berada di Kabupaten Konawe.

"Penolakan ini kami lakukan karena saya menilai bahwa kehadiran TKA sebanyak 500 di Sulawesi Tenggara bertentangan dengan kebijakan pemerintah dalam hal penanganan wabah COVID-19," ungkap Ketua BEM Fisip UHO, Muhammad Alamsyah, Rabu (29/4/2020).

Baca juga: Fadli Zon Dukung Keputusan Gubernur Sultra Tolak 500 TKA Tiongkok

Ia juga melanjutkan, di saat situasi warga Sultra saat ini sedang bahu membahu melawan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Sultra, jangan lagi dibuat pusing dengan kehadiran tenaga kerja asing.

Di sisi lain juga Alamsyah menyampaikan, kebijakan pemerintah pusat untuk memasukkan TKA ini adalah hal yang akan membuat masyarakat Sultra bingung. Bagaimana tidak ketika masyarakat disuruh untuk tetap di rumah saja, bahkan untuk tidak melaksanakan mudik saat lebaran, tetapi pemerintah tetap memasukkan tenaga kerja asing, apalagi para TKA ini berasal dari negara sumber penyebaran COVID-19.

"Jadi saya berharap kepada Kepala Imigrasi Sultra, Kemenkunham Sultra dan Dinas Ketenagakerjaan untuk segera berkoordinasi terkait hal ini agar bisa segera membatalkan kedatangan TKA ini," pungkasnya.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Sumarlin

Baca Juga