Bentuk Koalisi Permanen, Gerindra-PKB Kompak Target Menang Pemilu 2024 di Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 14 Agustus 2022
0 dilihat
Bentuk Koalisi Permanen, Gerindra-PKB Kompak Target Menang Pemilu 2024 di Jawa Timur
Koalisi permanen antara Gerindra dan PKB telah diresmikan. Kedua pimpinan parpol tersebut menandatangani dimulainya koalisi dalam menghadapi Pemilu 2024. Foto: Repro Suara.com

" Koalisi permanen ini tak hanya urusan pilpres saja, melainkan dalam menghadapi pileg hingga pilkada di Jawa Timur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pasca penandatanganan koalisi permanen antara Gerindra dan PKB di Jakarta dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang, sabtu (13/8/2022), di Jawa Timur, dua parpol tersebut merancang konsolidasi koalisi permanen untuk tataran tingkat daerah.

"Secepatnya antara Gerindra dan PKB melakukan pertemuan untuk konsolidasi penguatan dalam Pemilu 2024," jelas Bendahara Gerindra Jawa Timur, Gus Fawait saat dikonfirmasi, Minggu (14/8/2022).

Koalisi permanen ini, kata Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN) ini, tak hanya urusan pilpres saja, melainkan dalam menghadapi pileg hingga pilkada di Jawa Timur.

"Semua tahapan Pemilu 2024, Gerindra dan PKB kompak untuk tetap melakukan koalisi permanen," ujar pria asal Jember ini.

Bendahara Ansor Jawa Timur ini yakin, jumlah parpol yang akan bergabung dalam koalisi permanen bertambah, mengingat sejumlah parpol sudah melakukan komunikasi dengan Gerindra dan PKB di Jakarta.

Baca Juga: Gerindra Resmi Usung Prabowo Capres 2024, Yakin di Sulawesi Tenggara Menang

"Beberapa ketua parpol sudah menghubungi ketum kami untuk menyatakan ingin gabung," jelasnya.

Sedangkan Bendahara PKB Jawa Timur Fauzan Fuadi mengatakan, kader PKB merasa tersanjung dengan pidato Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Orasi tersebut dinilai akan menambah semangat kader, agar bersatu untuk menuju kemenangan. Agar kemakmuran bangsa Indonesia bisa segera diwujudkan.

“Arahan Gus Muhaimin dalam pidato saat penandatangan koalisi dengan Gerindra juga sangat jelas. Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya untuk kemakmuran dan kesejahteraan bangsa,” tambahnya.

Dikatakan dia, kader PKB di Jatim akan menindaklanjuti koalisi kedua parpol itu dengan menguatkan mesin politik sampai ke grass root. Kerjasama itu sangat diperlukan agar kerja politik merebut kemenangan di Pemilu 2024 mendatang semakin mudah.

Baca Juga: Prabowo Subianto Jadi Capres Tunggal Usungan Kader Gerindra

“Di level Jawa Timur, kami akan segera menindaklanjuti konsolidasi bersama di tingkat pusat dengan konsolidasi-konsolidasi antar komponen kedua partai hingga ke struktur ranting dan anak ranting,” pungkasnya.

Dua parpol yaitu Gerindra dan PKB resmi mendeklarasikan koalisi di Pilpres 2024. Koalisi Gerindra dan PKB secara langsung dideklarasikan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Sentul International Convention Center (SICC), Jawa Barat.

Ketum dua parpol tersebut menandatangani kesepakatan untuk koalisi permanen di Pemilu 2024 mendatang. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga