Berburu Takjil jadi Tradisi Saat Ramadan Tiba

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 25 Maret 2023
0 dilihat
Berburu Takjil jadi Tradisi Saat Ramadan Tiba
Berburu takjil jadi tradisi saat ramadan tiba, warga mencari aneka makanan di luar rumah untuk hidangan berbuka puasa. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Momen berburu takjil sudah menjadi tradisi tiap ramadan. Warga mencari aneka makanan di luar rumah untuk hidangan berbuka puasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Momen berburu takjil sudah menjadi tradisi tiap ramadan. Warga mencari aneka makanan di luar rumah untuk hidangan berbuka puasa.

Di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, warga biasanya berburu takjil di pinggir jalan, seperti di lapak penjual takjil di sekitar Universitas Halu Oleo (UHO), bundaran gubernur, pelataran kebi, Masjid Al-alam hingga di batas kota.

Dari pantausn Telisik.id, beragam takjil ditawarkan, mulai dari jenis kue, roti, gorengan dan berabagai macam es dengan harga yang beragam seperti, kue dan roti mulai dari 2 buah Rp5.000 sampai 3 buah Rp5.000, sedangkan jenis es dijual dengan harga Rp5.000 per cup.

Baca Juga: 3 Resep Sederhana Menu Berbuka Puasa di Akhir Bulan

Di sekitar UHO, ada beberapa mahasiswa yang juga berjualan takjil, seperti es buah dan es pisang ijo.

Salah seorang mahasiswa, Erni Wati mengatakan, punya inisiatif untuk berjualan takjil sebagai tambahan saat bulan puasa dan sebagai pengisi waktu kosong saat tidak ke kampus.

"Cara bikinnya juga tidak susah, saya biasa bikin bersama teman-teman asrama dan hasil jualannya kami bagi, walaupun tidak habis kami bisa pakai untuk berbuka bersama," ujar Erna, Sabtu (25/3/2023).

Selain itu, para penjual yang biasaya menjual nasi kuning setiap pagi, saat bulan ramadan mulai berjualan takjil dan mengganti waktu jualan yang biasanya pagi sekarang sore hari menjelang berbuka puasa.

Baca Juga: Niat Puasa Ramadan Selama Sebulan Penuh

Seorang penjual takjil, Rosnia mengatakan, senang berjualan takjil karena ini sudah jadi kebiasaan sejak dulu, sebagai ibu biasa buat takjil untuk keluarga juga sekalian untuk jualan.

"Sekarang alhamdulillah sudah nda ada COVID-19, jadi orang-orang juga sudah ramai mencari jajanan untuk takjil, tidak takut lagi beli makanan di luar," ujarnya.

Seorang pembeli, Wulandari mengatakan sering membeli takjil di sekitaran kampus karena dekat dengan kos-kosan, sembari jalan santai menunggu waktu berbuka. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga