Merasa Terkucilkan, Mahasiswa KKN IAIN Kendari Bantu Desa di Konawe Selatan Adakan Listrik

Wahyudin Wahid, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Merasa Terkucilkan, Mahasiswa KKN IAIN Kendari Bantu Desa di Konawe Selatan Adakan Listrik
Aksi gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat Desa Panambea Barata bersama mahasiswa KKN IAIN Kendari, untuk mendirikan tiang listrik. Foto: Ist.

" Salah satu posko KKN reguler Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari bantu pengadaan listrik di Desa Panambea Barata, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu posko KKN reguler Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari bantu pengadaan listrik di Desa Panambea Barata, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan.

Hal itu dilakukan untuk menanggapi keluhan masyarakat yang merasa dikucilkan oleh Pemda Konawe Selatan, saat mereka tiba di lokasi.

Koordinator Desa (Kordes) posko 139, Erlan mengatakan, Panambea Barata adalah desa yang dimekarkan pada tahun 1998, hingga kini, desa itu belum mendapatkan fasilitas listrik dari pemerintah setempat. Beberapa warga keluhkan atensi pemerintah yang seolah-olah mengesampingkan desa ini.

Baca Juga: Kunjungi KKN Exspo IAIN Kendari, Staf Khusus Menteri Agama RI: Ini Patut Dicontoh

"Kata warga di sana, kalau bisa, coba komunikasikan kepada pemerintah agar listrik bisa masuk di desa ini," tutur Erlan kepada Telisik.id, saat ditemui di arena KKN Expo IAIN Kendari, Minggu (3/9/2023).

Menindaklanjuti keluhan itu, Erlan dan rekan-rekan poskonya meminta kepala desa untuk membuka komunikasi dengan DPRD Kabupaten Konawe Selatan. Setelah itu pihak DPRD kemudian mengeluarkan pernyataan, listrik di Desa Panambea Barata akan masuk pada tahun 2024 mendatang.

Merasa terlalu lama, Erlan kembali mendesak DPRD Konawe Selatan melalui Kepala Desa Panambea Barata, untuk segera mengindahkan keluhan masyarakat itu. Hasilnya, saat ini semua tiang listrik di desa tersebut telah terpasang dan akan menyala sebelum tahun 2024.

Baca Juga: Niat Bantu Korban Kebakaran, Aksi Galang Dana Mahasiswa IAIN Kendari Dibubarkan Satpol PP

"Tiba-tiba datang tiang listrik dan satu tiang sudah kami pasang sebelum penarikan. Sekarang sudah terpasang semua," bebernya.

Melihat hal itu, Staf Khusus Menteri Agama, Abu Rahmat mengatakan, hal itu merupakan keberhasilan dari IAIN Kendari yang telah memberikan pelatihan terkait program-program yang bisa dikembangkan di lokasi KKN.

"Ini menjadi bagian penting, supaya mahasiswa bisa menjadi solusi dari setiap masalah sosial di masyarakat," tuturnya. (B)

Penulis: Wahyudin Wahid

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga