Berkas Perusahaan Anoa Mart Baru Saja Diubah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 21 Maret 2023
0 dilihat
Berkas Perusahaan Anoa Mart Baru Saja Diubah
Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Rizky Brilian Pagala bersama anggota komisi lainnya, saat melakukan sidak di Anoa Mart yang berada di Jalan Mayjen Sutoyo, Kelurahan Tipulu, Kecatan Kendari Barat. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Anggota Komisi II DPRD Kota Kendari sidak gerai Anoa Mart yang berada di Jalan Mayjen Sutoyo, Kelurahan Tipulu, Kecatan Kendari Barat "

KENDARI, TELISIK.ID - Anggota Komisi II DPRD Kota Kendari sidak gerai Anoa Mart yang berada di Jalan Mayjen Sutoyo, Kelurahan Tipulu, Kecatan Kendari Barat, Selasa (21/3/2023).

Dalam sidak itu, pihak Anoa Mart membantah bukan anak perusahaan atau bagian dari PT Midi Utama Indonesia (MUI) atau Alfamidi. Sebelumnya, gerai Anoa Mart disebut-sebut sebagai anak dari perusahaan Alfamidi, namun mereka membantah itu.

Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Rizky Brilian Pagala mengaku, saat melakukan kunjungan pihak Anoa Mart merupakan perusahaan yang berdiri sendiri dan lokal. Di mana perusahaan tersebut berdiri pada 2021.

Baca Juga: Dua Pelajar SMK di Kendari Tewas Dilindas Truk Kontainer, Begini Kronologinya

"Kami mencoba melihat implikasinya, pembayaran pajaknya tidak ada implikasi. Seharusnya kalau pembayaran pajaknya di KPP Pratama tidak sesuai dengan nilai investasinya pasti akan kelihatan di situ, berarti dia bukan perusahaan berdiri sendiri. Tapi hari ini mereka (Anoa Mart) membuktikan perusahaan yang berdiri sendiri," kata Rizky.

Namun, pemeriksaan dokumen terkait skala usaha yang dimiliki Anoa Mart, sebelumnya skala mikro baru diubah menjadi skala menengah pada 20 Maret 2023, sedangkan Anoa Mart telah memiliki 6 gerai yang tersebar di beberapa cabang seperti di Jalan Mataiwoi, Kamboja, Pattimura, Saranani dan Mayjen Sutoyo.

Manager Keuangan CV Garuda Cipta Perkasa perusahaan yang menaungi Anoa Mart, Muh Syamfin menuturkan, perubahan dikarenakan perusahaan tersebut memiliki perubahan omset.

Baca Juga: Pedagang RB Ganti Akun Sosial Media Agar Tidak Terlacak

"Karena omset kami terlihat pada 2022, dan kami membayar pajaknya. Sekarang karena gerainya sudah 6, makanya kami ubah menjadi skala menengah," bebernya.

Senada, tim legal, La Ode Muh Zulfijar juga membantah isu yang menyebutkan ada keterkaitan antara Alfamidi dengan Anoa Mart.

"Terkait isu yang mengatakan Anoa Mart adalah anak perusahaan dari Alfamidi kami dari tim legal bersama perwakilan Anoa Mart itu kami bantah. Sebab apa? kami punya dokumen-dokumen pendirian perusahaan, perizinan, pembayaran pajak. Dan pembayaran pajak itu kami lakukan di Kota Kendari sehingga kami tegaskan perizinan kami lengkap dan kami bukan anak perusahaan Alfamidi," ucapnya. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga