Bersama Pj Gubernur, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Beber Pergeseran APBD Setelah Ditetapkan

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 11 September 2023
0 dilihat
Bersama Pj Gubernur, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Beber Pergeseran APBD Setelah Ditetapkan
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto saat melakukan kunjungan di DPRD Sulawesi Tenggara. Foto: Erni Yanti/Telisik

" DPRD Sulawesi Tenggara membahas penerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto "

KENDARI, TELISIK.ID - DPRD Sulawesi Tenggara membahas penerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto.

Hal ini disampaikan saat Pj Gubernur Sulawesi Tenggara menyambangi Kantor DPRD, Senin (11/9/2023).

Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh (ARS) menyampaikan, terkait keterlambatan penetapan APBD yang sudah disepakati, namun dalam implementasi terjadi perubahan dan pergeseran.

ARS juga menyampaikan sering ada keterlambatan anggaran akibat alokasi APBD yang sudah dianggarkan dan dikonsultasikan bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak dilaksanakan, malah digeser ke program lain yang tidak ada konsultasi sebelumnya.

Baca Juga: ASN Soraki Andap di Apel Pertama sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Ngeluh Hujan

Hal itu ditujukkan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang tidak melaksanakan sesuai perencanaan bersama DPRD Sulawesi Tenggara, sehingga tidak berjalan maksimal.

"Kenapa ada anggaran terlambat? karena mereka tidak melaksanakan begitu selesai operasional, persiapan itu harus jadwalnya terlaksana karena Ini juga catatan buat kita sehingga tidak dapat memaksimalkan dengan baik," kata Abdurrahman Saleh.

Kemudian ARS juga menyoroti kelambanan OPD yang dalam pembahasan kebijakan ataupun rapat dengar pendapat bersama DPRD, tidak dihadiri oleh kepala dinas maupun kepala bidang sebagai pengambil kebijakan.

Hal tersebut yang memperlambat DPRD dalam menetapkan APBD, terkait program yang sudah disepakati untuk diselesaikan berbenturan dengan dilapangan.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Optimalkan Program Dashat Bisa Atasi Stunting

"Sebetulnya ini adalah komunikasi dan banyak sekali program yang kita lakukan di masyarakat, tetapi komunikasinya yang belum maksimal," ungkapnya

Ia juga mengharapkan, ada sinkronisasi program DPRD Sulawesi Tenggara bersama pemerintah.

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto memperkenalkan dirinya dan mengucapkan terimakasi kepada jajaran DPRD selaku pengawas pemerintahan.

"Yang pertama saya datang di sini silaturahim kemudian mengucapkan terimakasih, beliau-beliau sebagai pengawas mengoreksi kami dengan baik, esensinya adalah sinergitas yang positif untuk membangun Provinsi Sulawesi Tenggara," tutupnya. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga