adplus-dvertising
Logo Telisik.id

Bertugas saat Lebaran, Petugas Kebersihan Diberi Honor Lembur

1742 dibaca Bertugas saat Lebaran, Petugas Kebersihan Diberi Honor Lembur

Petugas kebersihan menggunakan mobil dump truck. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Jadi kita tidak bisa memaksa, karena mereka juga punya hak mau berkumpul dengan keluarga. Saya hanya menyampaikan akan diberikan uang lembur ketika mereka bekerja, namun kadang ada yang mau dan ada juga yang tidak."

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), bakal memberikan honor lembur bagi petugas kebersihan yang bertugas saat hari lebaran.

Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengatakan, pihak Pemkot tidak bisa memaksa para petugas kebersihan tetap bekerja saat lebaran, sebab mereka juga punya hak untuk berkumpul dengan keluarga.

Makanya, kata dia, bagi petugas kebersihan di lapangan, khususnya pengangkut sampah, yang bekerja saat hari lebaran akan diberi uang lembur.

"Jadi kita tidak bisa memaksa, karena mereka juga punya hak mau berkumpul dengan keluarga. Saya hanya menyampaikan akan diberikan uang lembur ketika mereka bekerja, namun kadang ada yang mau dan ada juga yang tidak," tambahnya.

Baca juga: Pemkot Kendari Optimalkan Jaga Kebersihan Kota saat Lebaran

Baca juga: DLHK Kendari Butuh Personel untuk Sembilan Armada Baru, Ini Syaratnya

Sementara, lanjut Nismawati, bagi petugas yang mau bekerja saat hari lebaran, kalau hari biasanya mereka jalan subuh hari atau pagi, tapi saat lebaran mereka biasa mulai jalan jam 3 subuh atau malam hari.

"Biasanya saat jam 3 atau malam, baru mereka jalan, karena seharian mereka juga berlebaran dengan keluarga," lanjutnya.

Sebelumnya, mantan Kepala Dinas Pangan Kota Kendari ini mengatakan, menjelang lebaran pihaknya bakal melakukan rapat dengan petugas kebersihan yang ada di lapangan, mulai dari petugas sampah hingga penyapu jalanan.

"Sudah menjadi kebiasaan kita tiga hari sebelum lebaran itu kita adakan rapat dengan petugas kebersihan kita, untuk mengkoordinasikan agar kota tetap bersih dan mereka juga bisa berlebaran," katanya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video