Biaya Pembangunan Rujab Bupati dan Wakil Mencapai Rp 33 Miliar

Muhammad Risal, telisik indonesia
Rabu, 22 September 2021
0 dilihat
Biaya Pembangunan Rujab Bupati dan Wakil Mencapai Rp 33 Miliar
Maket Rujab Bupati dan Wakil Bupati Kolut. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Pemerintah Daerah kemungkinan tetap menggelontorkan dana untuk pembangunan Rujab, hanya saja proses pembangunannya nanti menyesuaikan anggaran yang ada "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut) berencana membangun rumah jabatan (Rujab) Bupati dan Wakil Bupati Kolut di tahun 2022 yang terletak di Leppeloang, Desa Lanipa-nipa, Kecamatan Lasusua, tepatnya di jalur by pass Lasusu-Tobaku.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kolut, Mukramin, SE.,MM, lokasi pembangunan kedua Rujab tersebut sudah siap dan layak. Lokasinya sudah disurvei dan kontur tanahnya sudah diperhitungkan secara matang.

"Perencanaannya sudah clear and clean baik dari sisi kesiapan lokasi pembangunan maupu pelengkap yang ada di dua Rujab tersebut," jelasnya, Rabu (22/9/2022).

Sementara untuk anggaran  pembangunan Rujab tersebut, lanjutnya, kemungkinan bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Namun, masih melihat kondisi terakhir karena saat ini pagu anggaran yang diberikan belum ada.

Meski demikian, Pemerintah Daerah kemungkinan tetap menggelontorkan dana untuk pembangunan Rujab, hanya saja proses pembangunannya nanti menyesuaikan anggaran yang ada.

"Untuk itu, saya telah memerintahkan Kepala Bidang Cipta Karya penggalkan tiga opsi untuk diajukan ke pimpinan sebagai bahan pertimbangan jika tahun 2022 Rujab tersebut dibangun," tuturnya.

Tiga opsi tersebut kata Mukramin yakni pertama, pembangunan dua Rujab tersebut dituntaskan tahun depan. Kedua, hanya membangun struktur bangunan.

"Atau opsi ketiga, pembangunan Rujab Bupati dituntaskan tahun depan sementara Rujab wakil cukup pembangunan strukturnya saja. Semua itu, tergantung kesiapan anggaran kalau anggarannya cukup maka pembangunannya dituntaskan kalau tidak maka kita akan memilih opsi lain," tukasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan jika anggaran yang dibutuhkan untuk membangun kedua Rujab beserta fasilitas pendukung yang ada di dalamnya serta akses jalan menuju Rujab mencapai Rp 33.241.550.000.

Baca Juga: Bunga Pinjaman Tak Disoal, Pekerjaannya Harus Libatkan Masyarakat

Baca Juga: Kena OTT KPK, Berikut Laporan Harta Kekayaan Bupati Koltim

"Itu pembangunannya tuntas secara keseluruhan dua Rujab dengan konsep bangunan modern beserta pelengkap yang ada di dalamnya," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Cipta Karya, Nur Faisal, ST mengatakan, luas lokasi pembangunan kedua Rujab lebih dari 4 hektar.

"Luasnya sekitar 4 hektar, lokasinya sudah siap bahkan dua tahun lalu bukitnya sudah dicutting kemudian daratan yang berada di depan bukit akan ditimbun setinggi dua meter," bebernya.  

Berdasarkan maket perencanaan selain dua Rujab tersebut di lokasi itu juga akan dibangun panggung, masjid, asrama, pos jaga, parkir VIP,  dan parkir mobil. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga