Bina Persaudaraan PT Riota Jaya Lestari Gelar Turnamen Sepak Bola Cup I

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 25 Oktober 2023
0 dilihat
Bina Persaudaraan PT Riota Jaya Lestari Gelar Turnamen Sepak Bola Cup I
Direktur Utama PT Riota, Amirullah Nur Saenong mempercayakan Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka Utara, Henderina Malo penendang bola pertama tanda dimulainya open turnamen sepak bola Riota Cup I. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Salah satu perusahaan pertambangan nikel terkemuka yang berbasis di Kabupaten Kolaka Utara, PT Riota Jaya Lestari (Riota) menggelar open turnamen sepak bola Riota Cup l di Desa Lambai, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Salah satu perusahaan pertambangan nikel terkemuka yang berbasis di Kabupaten Kolaka Utara, PT Riota Jaya Lestari (Riota) menggelar open turnamen sepak bola Riota Cup l di Desa Lambai, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Rabu (25/10/2023).

Menurut Ketua Panitia, sekaligus Humas PT Riota, Muhammad Awaluddin, pesta olahraga akbar ini berlangsung selama 18 hari ke depan. Hari ini dibuka secara resmi di Desa Lambai yang merupakan salah satu desa lingkar tambang wilayah IUP PT Riota Jaya Lestari.

Riota Cup I diikuti 16 tim sepak bola dari berbagai wilayah di Sulawesi, akan memamerkan keterampilan dan semangat mereka di lapangan.

"Turnamen ini bertujuan untuk membina semangat sportivitas, persaudaraan, dan merayakan budaya sepak bola yang kaya di wilayah ini," terangnya.

Baca juga: Bendungan Ranteangin Kolaka Utara Bakal Dibangun Ulang, Estimasi Anggaran Rp 12,54 Miliar

Kegiatan ini lanjut dia, merupakan langkah awal untuk membangun satu wadah sekolah sepak bola tahun depan bernama Riota Football School yang berpusat di Desa Totallang, Kecamatan Lasusua.

Direktur Utama PT Riota Amirullah Nur Saenong (tengah) bersama Asisten I, Kajari Kolaka Utara, dan ketua DPRD Kolaka Utara mengikuti opening seremoni Riota Cup I. Foto: Muh Risal H

 

"Planning kami, sekolah ini ke depan akan menjadi wadah tempat anak-anak kita yang ada di Kolaka Utara didik dan dilatih mengembangkan potensi mereka," ujarnya.

"Semoga melalui sekolah sepak bola Riota, 5 sampai 10 tahun kedepan kita  mampu melahirkan pemain-pemain sepak handal yang mampu mengharumkan nama Kolaka Utara hingga ke kanca Nasional dan internasional," lanjut Awal.

Untuk itu, ia mengajak semua komponen masyarakat. Tokoh pemuda, masyarakat, agama bergandengan tangan bersama-sama berjibaku untuk kepentingan masyarakat.

Direktur Utama PT Riota Jaya Lestari, Amirullah Nur Saenong sangat antusias dan merasa bangga menjadi tuan rumah Riota Cup I. Dirinya berharap, open turnamen tidak hanya menjadi panggung bagi bakat sepak bola untuk bersinar, tetapi juga menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berkumpul dan bersilaturahmi menikmati olahraga.

"Kami percaya kekuatan olahraga dan semangat sportivitas atlet dapat menyatukan masyarakat. Kami menanti pertandingan-pertandingan menarik selama 18 hari ke depan," tukasnya.

Direktur Utama PT Riota juga berharap tim yang ikut dalam turnamen Riota Cup I menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas saat bertanding dan tidak ada gesekan.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi sehingga open turnamen Riota Cup I dapat terselenggara," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari Djumas dalam sambutannya  mengungkapkan dukungannya terhadap turnamen itu. Menurutnya, Riota Cup I bukan hanya kompetisi sepak bola, tetapi juga bukti dari rasa persatuan dan kerjasama yang kuat di Kolaka Utara.

Karena itu, Buhari memberikan apresiasi kepada PT Riota atas komitmennya dalam mempromosikan olahraga dan memupuk persatuan di wilayah Kolaka Utara.

"Kami melihat PT Riota ini tidak hanya memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat, pembangunan fasilitas umum/ibadah di Kolaka Utara tapi juga mampu menghidupkan atmosfer sepakbola di Kolaka Utara. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih kepada Direktur Utama PT Riota Jaya Lestari," pungkasnya.

Untuk diketahui, PT Riota berdiri pada tahun 2021. Perusahaan besutan Amirullah Nur Saenong ini bergerak di bidang usaha pertambangan bijih nikel di lahan tambang seluas 3.389,9 hektare yang terletak di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Riota telah mengoptimalkan produksi bijih nikel terbaik dari hasil tanah Kolaka untuk mendukung kemajuan industri nasional secara luas. Utamanya untuk produksi stainless steel dan katode baterai mobil listrik.

Kegiatan operasional perusahaan ini dilakukan sesuai standar ketentuan tata ruang wilayah pertambangan yang berlaku di Indonesia. Riota telah melewati uji kelayakan dan memiliki izin usaha pertambangan dan produksi.

Baca juga: Kualitas Tak Bagus, Proyek Pengaspalan Ruas Jalan di Kolaka Utara Disorot

Kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan berlaku, menjadi salah satu pilar usaha Riota untuk menjamin kualitas hasil produksi. Sejak didirikan pertama kali hingga sekarang, Riota dimiliki sepenuhnya (100 persen) oleh pemegang saham lokal.

Diketahui, Open Turnamen ini dihadiri langsung Direktur Utama PT Riota Jaya Lestari, turut hadir Asisten I Kolaka Utara, Muchlis Bahtiar (mewakili Pj Bupati Kolaka Utara), Ketua dan Wakil Ketua II DPRD Kolaka Utara, Kajari Kolaka Utara Henderina Malo, Perwakilan Polres Kolaka Utara, Ketua KONI Kolaka Utara, Abbas, Sekertaris ASKAB Kolaka Utara, Pendi dan tamu undangan lainnya.

16 tim yang ikut dalam Riota Cup I akan bersaing memperebutkan Piala Riota yang prestisius, serta uang pembinaan dengan total sebesar Rp 80 juta.

Anggaran turnamen sepak bola ini, ditanggung sepenuhnya pihak perusahaan melalui program pemberdayaan masyarakat (PPM). (A-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga