BNNP Sultra Raker Bentuk Desa Bersih Narkoba di Kolaka

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 18 Maret 2021
0 dilihat
BNNP Sultra Raker Bentuk Desa Bersih Narkoba di Kolaka
Rapat kerja mensinergikan program pemberdayaan alternatif BNNP Sultra. Foto: Ist.

" "

KOLAKA, TELISIK.ID - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sultra menggelar Rapat Kerja (Raker), dalam rangka sinergi program pemberdayaan alternatif dengan stakeholder di Kabupaten Kolaka.

Kepala Badan Kesbangpol Kolaka, Safruddin menyampaikan, kondisi laju peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta Perda tentang Fasilitasi P4GN yang akan dibahas oleh DPRD di tahun 2021.

“Di setiap kecamatan akan dilaksanakan workshop satuan tugas/penggiat anti narkoba akan dibentuk di setiap kecamatan sebanyak 50 orang untuk mendukung desa kelurahan bersinar,” ungkapnya, Kamis (18/3/2021).

Selanjutnya, pemaparan materi oleh Koordinator Bidang P2M BNN Sultra, Harmawati menjelaskan, Permendagri Nomor 12 tahun 2019 tentang fasilitasi P4GN merupakan kewajiban gubernur, bupati/wali kota untuk membentuk tim terpadu P4GN.

“Salah satu aksi khusus adalah membentuk desa/kelurahan besinar kemudian memaparkan hasil pemetaan kawasan rawan narkoba di Kolaka, sebanyak 5 kecamatan dan 11 kelurahan di Kolaka yang dilakukan pengambilan data hasilnya, tujuh kelurahan kategori bahaya, 1 kelurahan kategori waspada, 2 kelurahan kategori siaga dan 1 desa kategori aman,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan tes urine dan membentuk Satgas atau penggiat anti narkoba dan setiap pertemuan yang dilaksanakan di lingkup desa wajib untuk memasukkan materi P4GN.

Baca Juga: 1 Tahun COVID-19 di Kendari: Corona Nyaris Habis, Jadi Momentum Bersejarah

"Kesimpulan dari kegiatan ini yakni desa kategori aman dapat dijadikan tempat studi banding desa kelurahan yang ada di Kolaka sebagai desa kelurahan bersinar," pungkasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sultra dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu physical distancing, menggunakan masker, hand sanitizer, mengukur suhu dengan termometer infrared yang ketat demi menjaga penularan dan penyebaran COVID 19. (B) Adv

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga