Bombana Diguncang Gempa 3,9 SR di Waktu Salat Tarawih

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 11 April 2023
0 dilihat
Bombana Diguncang Gempa 3,9 SR di Waktu Salat Tarawih
Tugu Munajah di ibu kota Kabupaten Bombana saat malam hari. Foto: Ist.

" Saat melaksanakan salat Tarawih, masyarakat Bombana dibuat panik oleh gempa bumi tektonik berkekuatan 3,9 SR "

BOMBANA, TELISIK.ID - Saat melaksanakan salat Tarawih, masyarakat Bombana dibuat panik oleh gempa bumi tektonik. Diketahui, gempa berkekuatan 3,9 SR itu terjadi sekitar pukul 20:14:33 Wita.

"Terasa sekali, seperti ada getaran, lihat lampu goyang-goyang baru sadar ternyata gempa," ucap Adnan, salah satu warga yang panik.

Menurut keterangan pihak BMKG Kendari, Faisal Habibi, saat dikonfirmasi Telisik.id mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.75  LS, 121.98 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6.3 km, Tenggara Rarowatu, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Tenggara Rarowatu, Kabupaten Bombana," terangnya melalui telepon seluler.

Baca Juga: Kendari Diguncang Gempa, Warga Berhamburan Keluar Rumah dan Mall

Baca Juga: Warga Kolaka Utara Gelar Salat Gaib untuk Korban Gempa Turki

Akibat guncangan gempa bumi ini juga dirasakan di beberapa titik di Bombana, namun hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Juga agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. (B)

Penulis : Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga